27/04/2024

Situs Rodalink memberikan tips bagaimana posisi bersepeda yang baik dan benar.

Bagi Anda yang gemar bersepeda, pernahkan Anda merasakan bagian tubuh seperti punggung, pinggang dan kaki paling sering terasa pegal dan capek ketika akan atau setelah bersepeda? Rasa capek dan pegal merupakan hal yang wajar, apalagi terbiasa bersepeda di track yang panjang.

Tetapi, jika rasa capek dan pegal tersebut masih Anda rasakan ketika melaju di track yang pendek, kemungkinan ada kesalahan yang harus Anda perhatikan dalam bersepeda.

Pertama lakukan pemanasan sebelum Anda bersepeda, Kedua, persiapkan kondisi stamina tubuh Anda, Ketiga setting posisi duduk Anda dalam bersepeda, Setting sepeda yang tidak sesuai dengan postur dan anatomi tubuh Anda mungkin kerap disepelekan.

Maka sebelum membeli sepeda, Anda harus memperhatikan beberapa aturan dasar seperti rangka sepeda dan ketinggian sadelnya karena hal tersebut dapat mempengaruhi posisi Anda saat bersepeda dan menentukan kemungkinan rasa capeknya.

Tips Membeli Sepeda yang Cocok

Perhatikan tips berikut agar kegiatan bersepeda Anda lebih menyenangkan!

1. Kepala

Posisikan kepala Anda mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk oleh lengkungan punggung. Arahkan pandangan untuk selalu ke lintasan di depan Anda. Usahakan juga tulang leher Anda berada dalam keadaan rileks.

2. Tangan

Tekuk sedikit lengan Anda ketika mengayuh pada kecepatan sedang/rata-rata. Tumpuan lengan Anda sebaiknya terletak di tangkai pengait rem agar beban pada bahu dan punggung berkurang. Posisi telapk tangan menggenggam handel bar atau rem sekaligus, usahakan rileks namun tetap siaga dan mantap.

3. Bahu

Posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung maka usahakan bahu Anda dalam kondisi rileks

 

Hari Sepeda Dunia, Ini 5 Alasan Kuat untuk Bersepeda

 

4. Punggung

Posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan track yang Anda lalui. Posisikan punggung membungkuk untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi atau tanjakan. Sedangkn untuk track menurun, punggung dalam posisi yang tegak.

5. Kaki

Sesuaikan posisi kaki dengan kayuh atau pedal sepeda, jika satu pedal berada di bawah maka kaki sedikit ditekuk. Ketika Anda merasa sedikit tegang pada bagian otot pinggul ketika mengayuh sepeda, periksa apakah setting sadel sepeda Anda terlalu tinggi. Sebaliknya, jika sadel Anda terlalu rendah bisa berakibat nyeri pada tumit.

Gunakan pangkal jari-jari kaki (bagian depan telapak kaki) ketika mengayuh pedal. Hal ini bisa membuat kecepatan kayuhan Anda stabil saat bersepeda. Selain itu tenaga yang dikeluarkan akan lebih efisien dan juga dapat mencegah varises.

Sumber

 

 

Cihuy! Ada Tempat Nongkrong Keren Buat Pesepeda di Selatan Jakarta

 

Trik atau Cara Melepas dan Memasang Roda, Biar Tidak Merusak Sepeda

 

Cara melipat sepeda lipat Brompton