Gowesku

Komunitas Sepedaku

Mengenal Jenis Handlebar Sepeda

Handlebar yang cocok akan memberikan kenyamanan buat pesepeda. Nah mari kita simak artikel dari Rodalink tentang jenis handlebar di sepeda.

Handlebar yang diutamakan untuk kenyamanan penggunanya bersepeda santai keliling kota biasanya dirancang melengkung di tengah dan posisi lengkungan lebih ke depan, sedangkan handlegrip menjorok ke dalam.

Sehingga pengendara dengan handlebar jenis ini dapat duduk dengan posisi tidak terlalu condong dan juga tidak terlalu rebah, sehingga dapat menikmati kegiatan gowes sambil duduk santai.

1. Citybike

Handlebar yang diutamakan untuk kenyamanan penggunanya bersepeda santai keliling kota biasanya dirancang melengkung ditengah dan posisi lengkungan lebih ke depan, sedangkan handlegrip menjorok ke dalam. Sehingga pengendara dengan handlebar jenis ini dapat duduk dengan posisi tidak terlalu condong dan juga tidak terlalu rebah, sehingga dapat menikmati kegiatan gowes sambil duduk santai.

2. BMX

Handlebar untuk sepeda BMX hampir mirip dengan citybike, tetapi handle gripnya tidak menjorok ke dalam, terdapat palang ditengahnya. Jenis handlebar ini dirancang untuk memudahkan riders untuk melakukan berbagai manuver atau bergaya bebas, sesuai fungsinya sepeda BMX dirancang untuk kegiatan balap seperti motocross dan juga menunjukan keunggulannya ber-free style.

3. Flatbar

Handlebar yang paling sering digunakan ini bentuknya lurus, bertujuan untuk memberikan kekuatan dan ketahanan riding penggunanya. Posisi riding akan lebih condong kedepan dan siku membengkok. Membuat pengendara lebih agresif.

4. Risebar

Raiser handlebar berbentuk lurus ditengah tetapi membengkok sedikit  kemudian lurus untuk tempat rem/ brakes dan pegangan/ grips, mampu meredam getaran sehingga cocok untuk trek ekstrim. Model ini juga menjadi pilihan karena dirasa lebih nyaman dipakai, posisi si pengendara lebih terangkat, tidak terlalu membungkuk pada saat mengendarai sepedanya.

5. Dropbar

Bentuk handlebar nya melengkung ke dalam membuat pengendara untuk lebih condong ke depan, membentuk posisi yang aerodinamis sehingga membuatnya leluasa untuk melaju kencang. Pada umumnya ada beberapa jenis dropbar yang ada pada saat ini yaitu Compact, Anatomic, dan Classic. Masing-masing dari dropbar itu memiliki kelebihan dan kegunaannya masing-masing.

6. Bullhorn

Handlebar ini bentuhnya seperti tanduk banteng yang melengkung kedepan, biasanya digunakan untuk sepeda time trial. Dengan menggenggam “tanduk”-nya kita jadi marasa terpacu untuk mengayuh pedal lebih dan lebih kencang.

7. Sepeda Lipat

Untuk sepeda lipat bentuk handlebarnya bisa bermacam-macam seperti Flatbar, rise bar, city bikes ataupun dropbar, tergantung dari spesifikasi sepeda lipat itu sendiri dan keinginan pemilik sepedanya.

 

Sumber:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: