Gowesku

Komunitas Sepedaku

Pedal Community Indonesia Bahas Gowes Aman di Usia Senja

Pedal Community Indonesia, komunitas sepeda di Pondok Cabe, Tangerang Selatan menggelar diskusi webinar Ngobrol Bareng bersama dr. Thomas dari RS Pluit Pantai Indah Kapuk, dengan mengangkat tema “Gowes Bahagia di Usia Senja”. Kegiatan ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Umum Pedal Community Indonesia Wahyudin, tujuan diadakannya diskusi ini, untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para goweser berusia 50 tahun ke atas tentang bagaimana bersepeda aman dan nyaman di usianya. Para peserta diskusi bisa membagi pengalaman dan bertanya seputar olahraga bersepeda kepada nara sumber.

“Pada peserta bisa bertanya apa saja tentang olahraga bersepeda yang berkaitan dengan kesehatan,” kata Wahyu dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Pedal Community Indonesia (PCI) saat baksos dengan ojol online 

Meskipun mengusung tema Gowes Diusia Senja, namun Wahyu bilang, diskusi ini boleh diikuti oleh siapa saja tanpa pandang usia. “Silakan, umur berapa pun boleh ikut dalam diskusi ini,” sambung Wahyu.

Ia menjelaskan, bersepeda merupakan aktivitas yang sangat fleksibel. Tidak hanya mudah dilakukan, semua generasi dengan berbagai usia dapat dengan mudah melakukannya, baik itu sebagai sarana bermain ataupun olahraga.

Akan tetapi, meski dapat digunakan dengan mudah dan praktis, para gowesr yang sudah memasuki usia 50 tahun tetap perlu untuk memikirkan kekuatan dan daya tahan tubuh yang sudah mulai berkurang. Itulah sebabnya, penting bagi mereka untuk memahami batasan dalam bersepeda. Batasan ini mencakup durasi, intensitas, pemilihan rute, dan lain sebagainya.

Baksos PCI Ringankan Beban Ojek Online di Tengah Wabah Corona

Dia berharap dari diskusi ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bersepeda secara utuh. Apalagi pemaparan dari dr. Thomas ini bisa menjadi berharga bagi para goweser.

Diskusi ini dikemas dalam suasana santai seperti halnya ngobrol biasa. Para peserta diskusi bisa membagi pengalaman atau mengajukan pertanyaan seputar olahraga bersepeda. Diharapkan dengan durasi satu jam, para peserta bisa memahami pentingnya berolahraga bagi kesehatan tubuh.

PCI gowes sambil baksos di Ciletuh

Aneka kegiatan Pedal Community Indonesia

Ngobrol bareng ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan PCI dalam waktu enam bulan terakhir atau sejak Wahyu terpilih menjadi ketua umum.

Di masa kepemimpinannya, Pedal Community Indonesia sudah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pembagian sembako, masker, dan makan siang kepada 300 pengemudi ojek, supir taksi, dan masyarakat terdampak Covid-19, dan Baksos kepada anak yatim piatu RW. 01 Kelurahan Pondok Cabe Udik pada Ramadan lalu.

Nah seperti apa gowes yang sehat di usia senja? Tunggu artikel berikutnya ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: