28/03/2024

Kebun teh selalu memberikan suasana yang hijau, segar, bebas polusi, jadi cocok buat naik sepeda.

Tapi kebun teh yang asyik buat gowes di weekend dimana ya?

Ngejawab pertanyaan di atas salah satunya mungkin adalah kebun teh di Sukawana, Lembang, Bandung.

Kebun teh yang dikelola PTPN VIII itu rupanya punya beberapa trek khusus gowes yang sudah disiapkan secara khusus.

Kami mencobanya pada 4 November 2017 lalu, lah kenapa baru ditulis sekarang? Hehehe maaf sibuk banget ama kerjaan kantor jadi ngetik buat @gowesku aja jadi keteteran…

Berangkat dari jakarta subuh banget, eh sebelum subuh ding, sebelum ayam berkokok, eh gak ada ayam berkokok di komplek kami, jam 3 dini hari lah pas, 5 mobil yang isinya sepeda semua berangkat dr jakarta, sampai rest area jam 5 buat subuh sebentar jam 6 kami sampai di mesjid al murobbi setrasari bandung.

Kenapa di sini? Karena mobil bak yang akan mengangkut sepeda kami tunggunya di mesjid, jadi mobil kami tinggalkan terus naik di mobil pikap…jadi ngebolang deh naik pikap bareng belasan sepeda kami.

Sekitar pukul 7 pagi kami sudah sampai di kawasan sukawana, ngemil buat sarapan bisa milih ada nasi kuning atau bubur.

Abis sarapan lanjut ke kebun teh, bayar dulu ama petugas di depan, kalau tidak salah sekitar 17 rb per kepala.

Tiba di kebun teh kami langsung nongkrong dulu di warung, ya dari warung sini, kita bisa memilih mau ke trek mana dulu. Di sukawana ada trek all mountain sampai light downhill buat yang suka kebut-kebutan di turunan.

Kami nyoba dulu trek All Mountain 2, buat ke trek kami naik lagi pikap.

“Naik mobil pikap kek naik gajah ya, goyang-goyang,”bilang bro didik.

Yoi emang mirip naik gajah apalagi duduknya pas di atap mobil hehehe gokil dah pantat jadi pegel duluan, pantat jd terasa lebar hehhe apalagi pas pikap menghantam jalan berbatu alias makadam. “Gue udah pembukaan 3 nih,” celetuk bro rico yang bikin yg lain kepingkal2 nahan ketawa.

Ngebolang naik gajah eh pikap

Beli Sepeda yang Cocok kek gmn?

Endah gak sih pemandangannya meski mendung ya?

Tiba di trek AM2. trek ini panjangnya sekitar 2,5 km dengan profil turunan dan sedikit pedalling. Saya yg masih pemula agak grogi pas mau turun ke trek, asli! Jadinya sepeda stumpjumper saya remnya ngecit mulu hehehe. Tapi lama2 rem berani dilepas.

“Pantat jangan di sadel (jok) condongin badan ke belakang, jadi enak pas di turunan,” ujar Jelly rekan lainnya.

Hanya dalam waktu sekitar beberapa menit kami sudah sampai di ujung bawahnya.

Puas di AM2, kami langsung nyoba ke AM3 ini benar-benar turunan gila, ada tikungan mirip huruf Z yang harus dicermati. Abis itu jalannya meluncur habis ke bawah, kl nyali kurang digiring aja sepedanya broooo. Panjang trek am3 ini sama kek am2 sekitar 3 km.

Trek berikutnya yang kami coba ada trek AM1, panjangnya sekitar 3,5 km dan ada sedikit dropnya, tapi kalau gak berani ada chicken way juga buat para penakut heheh3. Profil trek seperti turunan namun ada tanjakan juga kalau gak salah 1 kali.

Sayang cuaca di sukawana rupanya terus mendung dan pas siang hari hujan deras turun, marshal kami kang erik memutuskan kami berhenti dulu gowes. Padahal di agenda berikutnya ada trek light down hill yang harus dicoba.

Yo wis kami balik lagi ke warung buat makan siang. Buat kami makan ada menu jengkol, ikan asin, ayam goreng dan nasi bakar, enak bro, apalagi badan ini habis basah kuyup karena kehujanan di trek AM1.

Sambil diiringi obrolan saru ala bapak2, makan siang emang jadi lebih enak ya hehehe

Jam 1 kami memutuskan untuk pulang ke jakarta, tapi trek down hill di sini benar2 menggoda untuk dijajal. Lain kali kami ke sini lagi yaaaa!

Biaya2:

  • Mobil pikap buat loading sepeda Rp 600.000
  • Biaya marshal (1 org) Rp 300.000
  • Tiket masuk Rp 17.500 per orang
  • Makan dll Rp 30.000++

Mau nyoba ke sini? Hubungi saja marshallnya Kang Erick Doran: +62 877-2270-5477

Simak video gowesku di sukawana: Link youtube