Gowesku

Komunitas Sepedaku

7 Manfaat Ngegowes Buat Tubuh

Sepeda di birunya langit

Makin hari makin banyak orang yang hobi gowes. Dokter pun ada yang menyarankan kita buat gowes sehari minimal 30 menit untuk menjaga kesehatan.

Selain menyehatkan, dan ramah di kantong, olahraga ini juga punya beberapa keuntungan. Apa saja ya Om, Tante?

1. Yang pertama, katanya,  Membakar Kalori.  Beberapa jam setelah berhenti gowes, tubuh terus membakar kalori pada tingkat yang tinggi. Hasilnya jadi ramping deh badan.

2. Membentuk otot. gowes akan memperkuat otot paha belakang, betis dan paha depan. Mengayuh sepedanya dengan kecepatan pelan akan mengencangkan otot lengan, bahu dan punggungnya. Om, Tante bakal punya bokong bokong kencang. Yahud dah!

3. Yang ketiga, memperbaiki fungsi kardiovaskular tubuh. Saat gowes denyut jantung, dan aliran darah meningkat , jadi organ tubuh lebih kuat dan sehat. Penyakit amit-amit seperti jantung, kanker dan diabetes pun menjauh

4.  Memperbaiki kesehatan otak. Nah ini lumayan penting, gowes bisa membentuk sel-sel otak yang baru dan neurotransmitters. Jadi yang punya masalah ingatan, susah berkonsentrasi, serta kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah akan meningkat. Keren kan?

5. Naik sepeda low impact. Tidak seperti olahraga lain kayak lari, naik sepeda hanya memberikan tekanan sedikit pada lutut, pinggul, persendian. Jadi cedera bisa diminimalisir, asal gowesnya jangan terlalu ekstrem.

6. Bikin tidur lebih nyenyak. Nah buat yang insomnia, coba deh naik sepeda. Gowes akan mengurangi hormon stres, kortisol di badan Anda. Jadi tidurnya lebih berkualitas

7. Memperbaiki mood. Nah ini buat yang moodynya cepet berubah coba naik sepeda. Berlatih sepeda dengan santai bisa mengeluarkan hormon endorfin, hormon yang bikin hepi. Om dan Tante bisa lebih senang dengan tubuh sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: