08/09/2024

Tadej Pogacar

Gowesku.com – Tadej Pogacar memastikan kemenangan gemilang dengan meraih gelar juara ketiga di ajang Tour de France setelah memenangi etape 21 pada Senin 22 Juli dini hari.

Pogacar juga mengukir sejarah dengan meraih double title Giro-Tour, sebuah prestasi langka yang terakhir kali dicapai oleh Marco Pantani pada tahun 1998, dan telah bertahan selama 26 tahun.

Berikut lima fakta keberhasilan Tadej Pogacar dalam ajang Tour de France 2024:

1. Juara ketiga kalinya

Tadej Pogacar memenangkan gelar juara ketiga kalinya di ajang Tour de France tahun 2024. Tak hanya itu, Pogacar juga meraih double title Giro-Tour, gelar langka yang terakhir kali diraih Marco Pantani pada tahun 1998.

2. Kecepatan 44,521 km/jam

Pogacar memenangi etape 21 yang merupakan format Individual Time Trial (ITT), melintasi jalur berbukit dengan jarak 33,7 km dari Monaco ke Nice. Dia mencatatkan waktu 45 menit 25 detik dengan kecepatan rata-rata 44,521 km/jam, lebih cepat 1 menit 2 detik dari peringkat kedua, Jonas Vingegaard.

3. Waktu tercepat

Pogacar mencatatkan waktu tercepat di check point pertama dan kedua di puncak tanjakan Col d’Eze. Dia juga unggul telak dari Vingegaard di klasemen umum (general classification) dengan perbedaan waktu 6 menit 17 detik.

4. Raih dobel gelar Giro-Tour

Pogacar selalu berada di podium dalam tujuh balapan time trial terakhir pada balapan etape GrandTour. Pogacar menyamai rekor Marco Pantani yang meraih dobel gelar Giro-Tour pada tahun 1998.

5. Pembalap legendaris

Gelar juara ketiga ini membuat Pogacar setara dengan pembalap legendaris seperti Greg Lemond, Louison Bobet, dan Philippe Thys. (*)

Baca juga :

Tour de France ke-113 akan Dimulai dari Barcelona

Tour de France, Lomba Balap Sepeda Sejak 1903