November 30, 2022

Lomba balap sepeda Tour de France kembali akan diadakan pada bulan Juli. Lomba ini pastinya sudah ditunggu-tunggu pencinta balap sepeda.

Lomba sepeda selama kurang lebih tiga minggu ini memiliki beberapa etape dengan jarak tempuh mencapai ribuan kilometer.

Seru Nih, Lomba Sepeda Virtual Meramaikan Agustusan

Sejarah

Lomba sepeda ini awalnya muncul karena persaingan antara koran olahraga di Perancis, yakni surat kabar Le Velo, koran olahraga pertama dan terbesar di Prancis, saat itu, dengan L’Auto.

Sebagai koran rookie dengan oplah yang masih minim, L’Auto berambisi merebut pasar Le Velo dengan mengadakan event olahraga terbesar di Prancis. Ide tersebut muncul dari jurnalis Geo Lefevre yang kemudian disambut baik direktur editor L’Auto yang juga mantan pembalap sepeda, Henri Desgrange.

Lomba balap sepeda yang selalu diselenggarakan di bulan Juli ini awalnya berdurasi 19 hari dengan rute berjarak 2.428 kilometer dan diikuti 60 pembalap.

Adapun pria pertama yang dinobatkan sebagai pemenang dalam Tour de France ini bernama Maurice Garin yang berhasil menyelesaikan keseluruhan rute dalam waktu 94 jam 33 menit. Lebih cepat tiga jam dari pesaingnya, Lucien Photier dan 60 jam lebih awal dari Fernand Augereau.

Tour de France
Tour de France

Tahukah kamu balap sepeda paling banyak pesertanya dimana?

Balap sepeda ini diselenggarakan tiap tahunnya kecuali saat Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Setiap tahun selalu ada perbedaan dalam balapan, seperti jumlah peserta yang meningkat, persiapan dari para peserta yang semakin matang, hingga kelengkapan keamanan yang semakin memadai dari para peserta.

Dengan seluruh dukungan dan antusiasme yang meningkat tiap tahunnya, rute Tour de France ini pun terus mengalami perkembangan baik dari segi tantangan hingga jarak. Namun yang pasti rute yang diambil adalah wilayah Perancis, dengan negara-negara perbatasan seperti Italia, Jerman, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Pengen nonton Tour de France tahun ini? Goweser bisa menyaksikannya di channel 906 ID Cyclist Transvision. Transvision menjadi satu-satunya official broadcaster dari Indonesia yang menyiarkan rangkaian Tour de France secara lengkap.

Dengan durasi tayangan rata-rata mencapai 5 jam perhari, balap sepeda dapat dinikmati mulai dari tanggal 1 hingga 24 Juli 2022 melalui channel 906 ID Cyclist yang dapat disaksikan dimanapun, mulai dari akses website www.cubmu.com atau aplikasi CubMu yang dapat di-download dari AppStore dan PlayStore atau juga dapat disaksikan melalui berbagai produk Transvision lainnya, yaitu Satelite, Hi-speed, dan Xstream.

Wah! JPM Bike Park Buat Balap dengan Hadiah yang Bikin ngiler, Total 100 juta!

%d bloggers like this: