19/03/2024

Berbagai kegiatan untuk menyambut dan merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 sudah mulai semarak di berbagai negara tahun ini, tak terkecuali di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS).

Melalui kegiatan kick-off yang bertajuk “Gowes Merdeka: Go Green Bike”, masyarakat dan diaspora Indonesia memadati lapangan Crissy Field – Golden Gate sebagai tempat start dan finish acara bersepeda bersama yang mengelilingi kota San Francisco.

Acara diselenggarakan oleh KJRI San Francisco dan Gowes-Indo-SF di San Francisco pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 waktu setempat.

Presiden Jokowi Ajak PM Australia Gowes Naik Sepeda Bambu

Tidak kurang dari 200 orang masyarakat dan diaspora Indonesia serta warga asing dari berbagai negara termasuk warga lokal AS turut gowes bersama. Jarak tempuh mereka sepanjang 25 mile atau sekitar 40 km.

Mereka datang dari komunitas sepeda dari berbagai wilayah di antaranya Los Angeles, Houston, Sacramento dan San Francisco selaku tuan rumah, serta kalangan asing, termasuk warga lokal, wakil dari pemerintah Federal AS, dan perwakilan diplomatik pemerintah negara asing di San Francisco.

Kegiatan olah raga ini merupakan momentum untuk membangkitkan semangat aktivitas masyarakat dan diaspora Indonesia pasca pandemi.

“Setelah jarang bertemu beberapa tahun akibat pandemi, maka dengan momentum menyambut HUT kemerdekaan Indonesia, kita ingin agar masyarakat dan diaspora Indonesia, khususnya pecinta olah raga sepeda di AS bisa bertemu kembali, bersilaturahmi, memperkokoh kerja sama, sekaligus menunjukkan semangat budaya hidup sehat. Semoga Gowes Merdeka menjadi sarana bagi warga untuk semakin memperkuat persatuan dan kerukunan”, pesan Konjen Prasetyo Hadi kepada masyarakat.

Gowes dari Jakarta Menyusuri Pesisir Utara-Selatan Jawa, Dieng, Menuju Pulau Dewata Bali

Ketua Gowes Indo-SF, Surjanto Suradi, juga mengungkapkan hal serupa. “Kegiatan sepeda bersama ini adalah untuk menjaga agar tubuh kita tetap prima sekaligus sebagai sarana untuk memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan Indonesia di San Francisco.” kata Surjanto yang juga seorang arsitek tinggal di San Francisco.

Acara sepeda ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan. Namun hal tersebut tidak mengurangi kemeriahaan. Para peserta yang datang mengenakan kaos dan sepeda yang bernuansa merah dan putih untuk merasakan semangat cinta tanah air dan sebagai ungkap syukur berdirinya negara Indonesia ke-77.

Salah satu peserta gowes, Ake Pangestuti, mengemukakan acara sepeda kali ini terasa istimewa. “Beberapa kali saya ikut acara sepeda bareng, baru kali ini ada pihak asing bergabung untuk bersepeda bersama sekaligus menyambut perayaan HUT RI”, kata Ketua Alzheimer Indonesia Chapter San Francisco itu.

Antusiasme serupa juga dirasakan oleh Akun Sabharwal, diplomat India yang bertugas pada Konsulat Jenderal India di San Francisco, yang mengapresiasi acara ini sekaligus mengucapkan pesan selamat menyambut kemerdekaan RI tahun ini yang akan jatuh pada 17 Agustus 2022 mendatang.

“Pertama kali ikut kegiatan bersama komunitas dan diaspora Indonesia di San Francisco. Kami senang dan mengucap terima kasih karena dapat berpartisipasi pada acara olah raga dan sosial bersama masyarakat Indonesia” tambahnya.

Charles Strickfaden, Kepala Komunikasi dan Humas – Lembaga Layanan Taman Nasional yang bertanggung jawab mengelola seluruh Area Rekreasi Golden Gate, menyempatkan hadir dalam acara tersebut. Dirinya bersama anggota tim Federal Taman Nasional memberikan dukungan penuh bagi acara sosial tersebut dengan memberikan izin penggunaan lapangan Crissy Field – Golden Gate sebagai meeting spot bagi seluruh peserta Gowes Merdeka.

Acara gowes semakin menarik dan meriah dengan adanya suguhan beragam kuliner lokal Indonesia, serta iringan berbagai alunan lagu kebangsaan dan nasional yang dibawakan oleh Band Gowes Indonesia – San Francisco.

Acara ditutup dengan gerakan flash mob poco-poco yang kompak dan meriah guna menambahkan kecintaan dan mengobati kerinduan para peserta pada budaya bangsa Indonesia.

Konsul Pensosbud, Mahmudin Nur Al-Gozaly, menginformasikan bahwa tahun ini KJRI San Francisco masih memiliki rangkaian kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan melalui kolaborasi bersama masyarakat dan diaspora untuk menyambut dan memperingati HUT kemerdekaan Indonesia, seperti Badminton Garuda Cup, Golf Merdeka Open, Upacara Bendera, Resepsi Diplomatik.

Rangkaian kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya diplomasi untuk terus mempromosikan keragaman budaya serta potensi ekonomi dan pariwisata Indonesia kepada publik luas di AS.