Yayasan Kemala Bhayangkari menyelenggarakan acara Tour of Kemala Belitong 2022 yang akan digelar pada 17-18 September mendatang.

Tour of Kemala merupakan ajang mempromosikan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi bersepeda bertaraf internasional di berbagai kota di Indonesia, merangsang aktivitas perekonomian pelaku UMKM di daerah-daerah sekaligus menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial.

Kegiatan ini direncanakan akan digelar setahun sekali. Dan tahun ini, Tour Of Kemala akan diadakan di Kepulauan Belitung.

Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana Tour Of Kemala, Winny Agung Budi Maryoto menjelaskan, Belitung dipilih sebagai tempat terselenggaranya ajang perdana kegiatan ini, karena Belitung memiliki keindahan wisata yang tak diragukan lagi, baik dari keindahan alam maupun fauna.

Di Belitung, selain gugus pantainya, ditemukan juga bebatuan yang unik sehingga Belitung ditetepkan oleh UNESCO sebagai Global Geopark.

Menurutnya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, namun juga tujuan lebih luas yakni menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul.

“Acara ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata, yang dimaksudkan untuk mengangkat destinasi atau pun wisata yang ada di Kepulauan Belitung. Selain itu, untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid 19,” katanya.

Menurut Winny, Tour of Kemala Belitong 2022 memiliki kondisi lingkungan dan keamanan yang mendukung, serta rute balap yang menantang bagi para atlet.

Kegiatan olahraga sepeda ini, selain dapat menemukan bibir-bibit atlet muda, juga dapat mendukung perekonomian rakyat, khususnya di daerah-daerah di mana lomba digelar.

“Kegiatan ini untuk mempromosikan keindahan alam Belitung sebagai destinasi wisata olahraga sepeda, ajang pencarian bibit baru atlet sepeda, serta membantu kebangkitan ekonomi daerah. Belitung memang punya banyak kelebihan, selain untuk wisata, juga untuk olahraga sepeda terutama kondisi jalan tidak krodit. Apalagi nanti pesertanya terbatas 600 orang jadi kami akan menikmati gowes yang sesungguhnya,” jelas Winny.

Tour of Kemala diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan untuk dilakukan di berbagai wilayah Indonesia dengan dukungan dari Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), yang mengusung tema “Bersinergi untuk Negeri”.

Tahun ini, Tour of Kemala Belitong 2022 diadakan dalam dua kategori yaitu Bicycle Race 125km untuk peserta profesional, baik nasional dan internasional, serta Bicycle Tour 56km yang dapat diikuti peserta non profesional. Tour Of Kemala rencananya akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

Pendaftaran dibuka pada 3 Agustus melalui situs web www.tourofkemala.com dengan dibatasi 300 peserta untuk masing-masing kategori, sehingga total 600 peserta.

By Gowesku

Haii senang berjumpa Anda

Leave a Reply

%d bloggers like this: