Tour de France menjadi unjuk kekuatan dari pabrikan sepeda yang digunakan para peserta. Tak tanggung-tanggung, sepeda yang digunakan bisa mencapai angka fantastis hingga ratusan juta rupiah.

Penasaran? Berikut beberapa sepeda dengan julukan sultan yang pernah tampil di Tour de France mengutip situs Transvision:

1. S-Works Seri Tarmac SL7

Tarmac

Sepeda ini pernah digunakan oleh Peter Sagan, pembalap sepeda dengan tiga gelar juara dunia yang berasal dari tim Bora-Hansgrohe. Selain Peter Sagan, pembalap tim Deceuninck Quickstep juga pernah menggunakan seri yang sama. Adapun sepeda S-Works Seri Tarmac SL7 ini dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 125 juta hingga Rp 180 jutaan. Tidak berhenti disitu, beberapa seri terbatas lainnya bisa mencapai harga lebih dari Rp 200 juta.

 

2. De Rosa Seri Merak & SK Pininfarina

De Rosa Sk Pininfarina

De Rosa mengeluarkan dua seri terbaiknya pada saat Tour de France 2021, seri merak yang cocok untuk jalan datar dan menanjak, serta seri SK Pininfarina untuk aero atau jalan datar dengan kecepatan tinggi.

Untuk seri De Rosa Merak yang pernah terlihat digunakan oleh tim asal Perancis, Cofidis ini dibanderol pada harga Rp 80 hingga 150 jutaan sementara SK Pininfarina pada harga sekitar Rp 100 jutaan.

3. Pinarello Seri Dogma F

Sepeda mewah buatan Italia, Pinarello seri Dogma F ini digunakan oleh tim Ineos Grenadiers. Namun infonya sepeda ini belum diproduksi secara masal. Tapi untuk seri tertingginya yang biasa digunakan oleh masyarakat umum yakni Dogma F-12 memiliki harga dengan kisaran 150 juta hingga 200 jutaan.

4. Cervelo Seri R5, S5, dan Caledonia

Cervelo, pabrikan sepeda dengan kantor pusat yang berlokasi di Kanada mengandalkan 3 seri sekaligus, yakni R5, S5, dan Caledonia. Spesifikasi tertinggi ketiga seri ini dilepas dengan mulai dari 85 juta hingga harga di atas 100 juta per unit. Sepeda ini terlihat pernah digunakan oleh pembalap asal Slovenia, Primoz Roglic saat sprint.

5. Canyon Seri Aeroad dan Ultimate

Kali ini sepeda asal Jerman, Canyon. Sepeda ini pernah digunakan oleh tim Alpecin Fenix dan Movistar Team. Dua seri terbaik dari Canyon yakni Aeroad dan Canyon Ultimate. Dua seri ini dijual di pasaran pada harga 75 juta hingga 110 jutaan. Sepeda ini terlihat pernah digunakan oleh pembalap Van Der Poel yang mengendarai Canyon Aeroad CFR dengan spesifikasi paling tinggi dan dicat khusus warna kuning.

6. BMC Seri Teammachine SLR01

Pabrikan sepeda asal Swiss, BMC, memiliki seri tertingginya, Teammachine SLR01. Sepeda ini pernah digunakan oleh 3 tim yang ikut Tour de France 2021, yaitu AGR Citroen, Qhubeka Assos, dan Arkea Samsic. Seri sepeda yang dibesarkan oleh konglomerat dan filantropis, Andy Rihs ini dibandrol dengan harga di atas 100 juta per unit.

By Gowesku

Haii senang berjumpa Anda

%d bloggers like this: