Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Tour de France ke-113 akan Dimulai dari Barcelona

Foto: canyon.com

Gowesku.com – Ajang balap sepeda bergengsi Tour de France 2026, akan memulai perjalanannya dari Barcelona, seperti dilaporkan oleh AFP pada Rabu (19/6).

Penyelenggara acara, Amaury Sport Organisation (ASO), menyatakan bahwa ini adalah kali ketiga balapan sepanjang 21 hari yang akan dimulai dari Spanyol dalam lebih dari satu abad sejarahnya.

Selain itu, ini merupakan Grand Depart keempat yang diadakan di luar negeri dalam lima edisi, setelah 2022 di Kopenhagen, 2023 di Bilbao, dan edisi 2024 yang akan dimulai pada 29 Juni dari Florence.

Walikota Barcelona, Jaume Collboni, turut hadir pada pengumuman tersebut. Kota ini juga berencana meresmikan Katedral Sagrada Familia yang telah direnovasi pada tahun yang sama.

Direktur ASO, Christian Prudhomme, menegaskan bahwa Tour de France akan selalu menghormati akar sejarahnya dengan mengunjungi kota-kota kecil dan desa-desa. Namun, ia juga mengungkapkan kegembiraannya terhadap lokasi yang dipilih untuk 2026.

“Barcelona adalah kota bergengsi dan kota olahraga,” kata Prudhomme mengenai edisi ke-113 Tour de France itu.

Prudhomme juga menyebutkan bahwa dua etape lengkap akan berlangsung di Catalonia, dan etape ketiga akan dimulai di sana sebelum melintasi perbatasan menuju Prancis.

Ia sangat antusias dengan platform yang disediakan kota seperti Barcelona untuk memberikan pengalaman berbeda dari edisi-edisi sebelumnya.