Gowesku

Komunitas Sepedaku

Magnet Baru Trek atau Jalur Sepeda di Ciseeng Bogor

Bogor sudah lama dikenal sebagai tempat tujuan wisata bagi para penggemar sepeda. Alamnya yang indah dan udaranya yang sejuk menjadikan wilayah ini tempat favorit para goweser. Bukan hanya para goweser asal kota hujan, para goweser dari berbagai kota, seperti Depok, Tangerang dan Jakarta pun sering datang untuk mencicipi berbagai jalur sepeda di Bogor.

Gowes seger dan gila-gilaan di kebun teh sukawana

Salah satu jalur sepeda yang kini sedang trend dikalangan goweser adalah jalur Sepeda MTB XC Linces Loop atau Lintas Ciseeng. Jalur sepeda yang berada di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor ini seperti menjadi magnet baru para peggemar sepeda. Setiap akhir pekan, lintasan sepeda sepanjang sekitar 25 kilometer ini banyak dikunjungi para goweser

Pertama kali jalur Linces dirajut/dirakit / dibuat oleh: Om Ian Sulihan dan kemudian diperkenalkan oleh umum pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 dihadiri oleh sekitar 60 goweser

Pencarian trek Linces bukanlah hal yg mudah, butuh waktu yang sangat lama untuk merajut/merangkai jalurnya dan banyak sekali dukanya…

Uji Nyali di Trek Hutan UI

Ian Sulihan juga sebagai ketua komunitas sepeda Lintas. Komunitas ini beranggotakan sejumlah perwakilan komunitas sepeda dari berbagai wilayah seperti: BSD, Bintaro, Ciputat, Pondok Cabe, Depok, Sawangan, Bogor, Cibubur bahkan dari Bekasi dll. Mereka membentuk sebuah komunitas bernama Lintas atau Lintas Komunitas.

 

Untuk masuk ke jalur Linces para goweser bisa memulainya (start) dari RM Saung Sultan yang terletak di Jalan H. Usa No. 64, Kampung Malang Nengah, Ciseeng, Bogor. Yang merupakan Titik kumpul (Tikum)
Bisa ditempuh sekitar 5 km dari arah Pasar Parung ke arah Ciseeng. Untuk yang membawa kendaraan roda empat (loading) tempat ini memiliki tempat parkir yang cukup luas.

Hampir seluruh perjalanan kita tak akan menjumpai jalur yang ekstrem. Hanya 1-2 tanjakan yang sedikit yang akan menguras tenaga Anda. Selebihnya, lintasan jalur ini cenderung datar.

Sepanjang perjalanan kita akan mejumpai sejumlah spot-spot foto yang indah. Salah satunya yang akan kita jumpai adalah saat berada tepat di Empang (kolam), Persawahan, Perkebunan, hutan Jati, Kebun Singkong, Pohon Bambu, melintasi Sungai, Bendungan dll. Disana kita bisa berswa foto atau membuat Video bersama dengan kawan-kawan goweser.

Perjalanan yang kita lewati juga memiliki berbagai macam karakter. Mulai dari jalan aspal, beton, single trek tanah, hingga blusukan ke pemukiman penduduk dll “Treknya komplit. Maknyoss,” ujar seorang goweser ketika diminta pendapatnya.

Meski jalur lintasannya datar, namun tak sedikit juga rider yang mengaku kelelahan. Hal ini disebabkan jalurnya yang cukup panjang dan cuacanya yang cukup panas di Siang Hari
Oleh sebab itu, diharapkan dan disarankan untuk Start gowesnya Pagi, agar tidak kesiangan

Di 3/4 perjalanan kita akan mampir ke Home industri Kripik Singkong, kita bisa beli disana buat oleh2 dirumah. Kalo perut sudah kriak kriuk, di sini kita juga bisa untuk Maksi (Makan Siang)

Setelah kembali ke RM Saung Sultan, Anda bisa beristirahat sambil makan siang untuk menikmati menu masakan yang tersaji di rumah makan ini. Tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti Mushala dan Toilet

Gowes di Jalur Pipa Modern, 1 Lap Saja Bikin Ngapp!

Linces loop bisa juga di lihat di FB dan Youtube

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: