08/09/2024
Close mountain bike outdoors

<a href="https://www.rawpixel.com/image/433052/bicycle-the-forest" rel="nofollow">Close mountain bike outdoors</a> by <a href="" rel="nofollow">Markus Spiske</a> is licensed under <a href="https://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/" rel="nofollow">CC-CC0 1.0</a>

Tahukah Anda bahwa di Belanda, orang bersepeda sejauh 18,2 miliar km setiap tahunnya? Itu berarti rata-rata 3 km per orang per hari!

Dengan jumlah penduduk 18 juta jiwa, orang Belanda memiliki sekitar 23 juta sepeda dan melakukan lebih dari seperempat seluruh perjalanan dengan sepeda.

Sebagai negara bersepeda terkemuka, Belanda memiliki jalur khusus sepeda sepanjang 35.000 km. Bersepeda adalah cara hidup di sini, yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan kesehatan pribadi. Belanda pun tergolong aktif mengampanyekan bersepeda salah satunya lewat kampanye ACTIVE.

Gila, Ada Parkir Sepeda Bawah Air di Amsterdam, Bisa Muat 7000-11000 Sepeda!

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns membuka sesi mobilitas aktif sebagai bagian dari “Aliansi Bersepeda dan Jalan Kaki Menuju Vitalitas dan Pemberdayaan Internasional” (ACTIVE). ACTIVE adalah program yang diprakarsai oleh negara Belanda, Belgia dan Luksemburg pada tahun lalu dengan tujuan untuk melatih 10.000 pakar mobilitas di berbagai negara termasuk Indonesia selama dekade berikutnya.

Duta Besar menyinggung pentingnya tidak hanya berinvestasi pada infrastruktur, namun juga kerangka kelembagaan dan penegakan hukum, serta memperkenalkan pola pikir yang berbeda.

Artis-artis Indo yang Hobi Gowes

“Kami percaya bahwa mobilitas aktif (bersepeda dan berjalan kaki) dapat dimungkinkan di mana pun di dunia, dengan dukungan dari para pengambil keputusan yang berdedikasi dan kolaborasi dengan para ahli mobilitas. Oleh karena itu forum seperti ini penting untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman satu sama lain.”

Sebagai pesepeda biasa, ia juga memuji kemajuan positif pembangunan infrastruktur mobilitas aktif di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.