Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Persiapan Batam Jadi Salah Satu Tuan Rumah World Bicycle Day di RI

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menyampaikan bahwa Kota Batam terus berbenah untuk menjadi kota yang ramah pesepeda dan sebagai tujuan sport tourism.

Pembangunan infrastruktur, terutama jalan, memberi ruang untuk pesepeda. Bahkan berbagai kegiatan sepeda, baik nasional dan internasional menjadikan Batam tuan rumah.

“Pemerintah Kota Batam memperhatikan semua pengguna jalan. Tentu akan berefek bagi kelestarian lingkungan,” kata Jefriden, seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Batam.

Penegasan itu disampaikan Jefridin saat menerima silaturahmi dari sejumlah pesepeda terkait kesiapan perayaan World Bicycle Day 2024. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Rizal Saputra, Ketua Batam Folding Bike (BFB). Hadir juga sejumlah pegiat sepeda di Batam, diantaranya dr Ferra, Farid Larengi, Vicky Wahyudi, Endah Susanti, Adin, Novianto dan Reza Fahlevi.

dok Pemkot Batam

Jefridin menyatakan kesiapannya ikut serta dalam perayan Hari Bersepeda Sedunia yang ditetapkan PBB tahun 2018 lalu. World Bicycle Day yang diperingati setiap tanggal 3 Juni, dirayakan di Batam pada hari Minggu, 2 Juni 2024 di Dataran Engkuputri.

Menurut Jefridin, rencana pembangunan yang disiapkan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi selalu memberi ruang untuk pesepeda. Saat ini, pedestrian dan jalur sepeda juga dalam proses finalisasi. Tambahnya, kebijakan dan pembangunan yang memberi ruang untuk pengguna sepeda, secara tidak langsung menempatkan Batam sebagai kota yang ramah sepeda.

“Kejuaraan-kejuaraan sepeda, keramahan Batam untuk wisata sepeda dan sport tourism akan terus kita lanjutkan,” kata Jefridin.

Jefiridin mengajak semua komponen untuk mendukung Batam, dan mengajak pemilik sepeda untuk bersama-sama merayakan World Bicycle Day di Batam.