Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

World Bicycle Day Diperingati Serempak di Berbagai Kota Indonesia

World Bicycle Day | Foto: ecf.com

Peringatan “World Bicycle Day,” pada tanggal 3 Juni mendatang akan diperingati serempak di berbagai kota di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari laman Instagram Bike To Work (B2W) @b2w_indonesia, tercatat empat kota yang bakal menggelar peringatan Hari Sepeda Dunia, yaitu Jakarta, Batam, Magelang, dan Surabaya.

Di Kota Jakarta peringatan akan berpusat di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Acara ini akan dihadiri oleh ratusan komunitas/club sepeda se-Jabodetabek.

World Bicycle Day
World Bicycle Day | Foto: IG B2W

Selain sebagai ajang silaturahmi para pesepeda, event inijuga akan menyuguhkan hiburan, pembacaan deklarasi, dan foto Bersama.

Sejumlah komunitas dan penggiat sepeda di Batam juga siap memperingati World Bicycle Day. Mereka merayakannya dengan semangat kesetaraan dan keberlanjutan.

“Peringatan tahun ini kita laksanakan dengan berbagai aksi. Banyak manfaat bersepeda, baik untuk pesepedanya maupun alam semesta,” kata Koordinator Bike To Work (B2W) Kota Batam, Haryoto, di Batam Centre, Kota Batam.

Mengambil tema, Promoting Health, Equity, and Sustainability Through Cycling”, para pesepeda akan mulai bersepeda dari halaman Kantor Pemko Batam sambil melakukan parade tentang pentingnya bersepeda.

Magelang dan Surabaya

World Bicycle Day
World Bicycle Day | Foto: IG B2W

Kota Magelang juga tak mau ketinggalan dengan menggelar berbagai acara untuk memperingati hari sepeda dunia yang berpusat di alun-alun kota.

Para pesepeda di kota yang dijuluki “kota sejuta bunga” ini akan menggelar acara sepeda sehat, launching gelang berkah, bike to school, BMX performance, games, dan doorprize.

Peringatan di kota Surabaya akan dilaksanakan di depan BNI Graha Pangeran, Jl. Ahmad Yani Surabaya.

Acara World Bicycle Day di Tanah Air yang diinisiasi oleh B2W Indonesia juga akan diperingati oleh berbagai komunitas sepeda se-Indonesia.

Asal Usul World Bicycle Day

World Bicycle Day 2024

World Bicycle Day ditetapkan PBB pada tanggal 3 Juni 2018. Sejak itu, setiap tahun hari bersepeda diperingati dan dirayakan di seluruh dunia, termasuk Indonsia.

Hari Sepeda Sedunia menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia dapat mendorong penggunaan sepeda bagi masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesehatan.

Sepeda dianggap sebagai alternatif transportasi yang sehat, hijau, ekonomis serta mendukung program pengelolaan lingkungan dan kesehatan. (robi)

Baca Juga :

Hari Sepeda Dunia, Ini 5 Alasan Kuat untuk Bersepeda

Jakarta Kota yang Sudah Ramah buat Pesepeda?