29/09/2024
Pedal tour de Pangalengan

Pedal tour de Pangalengan

Gowesku.com – Pedal Community Indonesia atau lebih dikenal komunitas Pedal kembali menggelar event touring sepeda ke Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Event kali ini mengambil tema, “Amazing Adventure Tour de Pangalengan”, yang diikuti oleh sekitar 35 peserta dari berbagai kalangan.

Event bersepeda yang diselenggarakan dari tanggal 20 – 22 September 2024 ini berlangsung meriah dan penuh keakraban. Panitia juga menyediakan berbagai doorprize dari para sponsor yang mendukung acara gowes kali ini.

Daerah Pangalengan dipilih karena wilayah yang terletak di selatan kota Bandung ini terkenal dengan iklim sejuknya serta perkebunan teh dengan panorama yang indah dan memanjakan mata. Daerah ini juga terkenal dengan sejumlah objek wisata seperti Wayang Windu, Situ Cileunca, dan Kolam pemandian air panas Cibolang.

Trek yang Cukup Menantang

Pedal tour de Pangalengan

Kegiatan bersepeda yang diinisiasi oleh Pedal dimulai dari objek wisata perkebunan teh Wayang Windu sebagai titik start. Dari sini peserta menuruni jalan berbatu dan berkelok melintasi perkebunan teh. Meski saat itu matahari bersinar cukup terik, namun itu tak menyurutkan semangat peserta untuk menikmati keindahan alam dan hamparan hijau kebun teh.

Setelah perjalanan melintasi kebun teh, akhirnya para peserta beristirahat makan siang di makam Karel Albert Rudolf Bosscha yang terletak di wilayah perkebunan teh Malabar, Desa Banjarsari, Pangalengan. Para peserta terlihat begitu antusias ingin mengetahui riwayat hidup Bosscha yang meninggal pada 26 November 1928.

Makam penggagas berdirinya Observatorium Bosscha atau balai pengamatan luar angkasa di Lembang, Bandung ini dikelilingi pepohonan yang cukup rindang, makam (K.A.R) Bosscha menjadi teduh dan membuat acara santap siang peserta memiliki nilai tersendiri.

Pedal tour de Pangalengan

“Kami memang sengaja memilih tempat ini (makam Bosscha) untuk acara makan siang karena memiliki nilai sejarah. Terlihat banyak peserta yang akhirnya paham dan tahu siapa Bosscha itu,” kata Dhany selaku pelaksana acara.

Usai makan siang, peserta pun melanjutkan perjalanan menuju penginapan di wilayah Situ Cileunca. Selama perjalanan, peserta kembali disuguhkan trek yang cukup menantang, turunan dan tanjakan yang cukup menguras tenaga. Namun hal itu tak menyurutkan semangat peserta wanita dan pria yang tergolong sudah sepuh. Mereka terlihat begitu semangat mengayuh pedal sepedanya.

Pedal tour de Pangalengan

Setelah melintasi sisi Situ Cileunca dan Jembatan Cinta, akhirnya peserta pun sampai di penginapan yang merupakan tujuan akhir. Perjalanan yang cukup melelahkan, namun dihiasi pemandangan indah, membuat event kali ini membekas di benak peserta. Tour kali ini akan menjadi suatu kenangan yang seru dan penuh keceriaan. rob

Baca Juga:

Perayaan 10 Tahun Federal Tangerang Raya: Gowes Bareng Dua Petouring Internasional di Jalur Eksotis Citarum

Ikuti Bentang Jawa, Afif, Kumpulkan Donasi Bagi Korban Bencana

Tinggalkan Balasan