Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Event Jakarta Urban Gravel, Gowes Menyusuri Jejak Sejarah dan Budaya Kota Jakarta

Gowesku.com – Berbeda dengan event gravel atau all terrain yang lain, event Jakarta Urban Gravel mengajak Peserta menyusuri jejak sejarah dan peradaban ibukota dari sudut yang berbeda.

Dalam Event ini peserta menempuh jarak 100 km. Start dari Thamrin 10, route urban gravel yang disuguhkan GX-ID menjadi karya yang Master Piece karena merangkai berbagai variasi jalan, destinasi juga hidden gems routes yang sulit ditiru.

Route ini merangkum destinasi seperti: kuburan Belanda ereveld Menteng Pulo, pasar tumpah & plipiran kanal BKT, @Jakarta Garden City, perkampungan kumuh & plipiran gravel kanal Cakung Drain, jembatan perahu Titanic kearifan lokal, taman “Recycle” Matahari Rorotan, jalur gravel makam Semper, museum Roemah Kerontjong & Gereja Toegoe, Jakarta Islamic Center Kramat Tunggak, plipiran dan jembatan Rawa Badak, plipiran gravel Danau Bima, Jakarta International Stadium (JIS), plipiran selatan Danau Sunter Timur & Barat, Kemayoran Boulevard, Sunter Drain, Kota Tua Batavia, kanal Rhinocerosgracht, Tugu Jangkar, Museum Bahari, Waduk Pluit, Hutan Mangrove PIK, plipiran kanal BKB, jembatan perahu dan hutan kota Penjaringan, Taman Kali Jodoh, jalan samping jalur kereta Tanah Abang dan Bank Indonesia.

Beragam komentar peserta yang rata-rata terkesan dengan route Jakarta Under Cover ini yang memperlihatkan wajah lain dari Jakarta yang megah dan penuh pencakar langit.

Dari 150 Peserta ada 101 Peserta yang kembali ke garis Finish dan panitia memberikan penghargaan kepada para pemenang berikut:

5 Best Performance untuk Pria
5 Best Performance untuk Wanita
3 Best Performance untuk Remaja

Dengan Kriteria Utama :

  1. Menyelesaikan 100 km Rute dengan sedikit kesalahan
  2. Finish Under COT 10 jam
  3. ⁠Check in semua Check Point
  4. ⁠Penalty untuk Kuis, 1 menit tiap kesalahan

Para pemenang mendapat hadiah berupa plakat dan merchandize dari sponsor. Panitia juga memberi perhatian pada kelompok remaja dibawah 17 tahun dengan memberikan penghargaan khusus kepada mereka. Tiga peserta remaja patut mendapat penghargaan karena mampu menyelesaikan route dibawah COT dengan tertib.

Karena menggunakan route gravel dalam kota, event ini diikuti oleh para Pesepeda yang menggunakan berbagai genre sepeda seperti gravel, hybrid, MTB, road bike, sepeda lipat bahkan single speed dan MTB/RB Vintage. Bahkan beberapa Warga Asing juga mengikuti Event ini diantaranya dua warga negara Jepang.

Dalam event ini, di setiap check point, peserta harus menjawab berbagai pertanyaan yang edukatif terkait sepeda dan tempat yang dikunjungi, mendorong peserta lebih perhatian terhadap sepeda dan lingkungannya.

Event Jakarta Urban Gravel ini terselenggara sebagai kolaborasi dengan Host Thamrin 10 dan aplikasi TipTip dalam Event Jakarta FUNTASTIC Fitness Festival untuk memperingati Ulang Tahun Kota Jakarta ke 497. (*)

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan