Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Gowes Terbukti Efektif Atasi Perut Buncit

Apakah bersepeda (gowes) terbukti efektif atasi perut buncit? Pertanyaan ini kerap dilontarkan khususnya oleh orang yang memiliki perut buncit atau orang yang kelebihan berat badan. 

Perlu diketahui, bersepeda secara rutin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan secara menyeluruh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit serius lainnya. 

Bersepeda selama 30 menit di luar rumah dapat membakar sekitar 280-360 kalori. Jika kita bersepeda selama 60 menit, kalori yang terbuang bisa mencapai 498-738 kalori. 

Hal yang sama juga akan terjadi jika kita bersepeda statis sebagai alternatifnya. Latihan dengan sepeda dalam ruangan selama 30 menit dapat membakar sekitar 250-280 kalori. Tentunya ini efektif untuk atasi perut buncit.

Bersepeda cocok dilakukan oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan atau orang yang menderita obesitas lantaran aman dari risiko cedera lutut dibandingkan olahraga lari. Meskipun, satu jam lari akan lebih banyak membakar kalori sekitar  566-839 kalori.

Lakukan Secara Rutin

Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal, sebaiknya lakukan bersepeda dengan durasi selama 3-4 kali per minggu. Jika dilakukan secara rutin, goal untuk mencapai berat badan ideal akan lebih cepat Anda didapatkan. 

Saat kita bersepeda, kalori dan karbohidrat akan lebih cepat terbakar untuk menjadi sumber tenaga, sekaligus melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa mengencangkan otot paha depan dan hamstring, sehingga bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan paha dan betis. 

Untuk mencapai hasil yang signifikan, Anda bisa membuat jadwal bersepeda yang realistis dan sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya, Anda bisa tetapkan tujuan untuk bersepeda dengan durasi 1 jam selama 3-4 kali per minggu. 

Bersepeda sebelum sarapan juga bisa membakar kalori sebanyak 20% dan membuat Anda tidak merasa terlalu lapar sepanjang hari. Namun jika Anda bersepeda lebih dari 1 jam, sarapan menjadi penting sebagai asupan bagi tubuh. 

Latihan Interval

Anda dapat memperoleh berat badan ideal lebih cepat dengan mencoba menggabungkan bersepeda dengan latihan interval intensitas tinggi (HIIT). Latihan interval akan efektif  membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat. 

HIIT adalah pemanasan intens yang menuntut kamu untuk mengeluarkan tenaga yang besar secara berkala dengan periode istirahat singkat. 

Latihan interval bermanfaat membantu meningkatkan VO2 max, daya tahan otot, dan kemampuan tubuh untuk untuk menangani produk sampingan metabolisme saat berkendara di atas FTP. 

FTP atau Daya Ambang Fungsional adalah ukuran kebugaran bersepeda Anda dan kemampuan untuk mempertahankan output daya yang tinggi namun dapat dikelola untuk durasi yang agak lama.

Latihan interval juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuffer laktat, yang berarti bahwa Anda dapat melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Bagi para pemula dapat memulai dengan latihan interval bersepeda tidak lebih dari 2 kali per minggu. 

Nah, bagi Anda bersepeda secara rutin, konsisten, dan berkelanjutan, lakukan bersepeda 3-4 kali per minggu dibarengi dengan jaga pola makan.

Anda juga harus bersabar dengan prosesnya dan memahami batas kemampuan fisik Anda. (robi)

Tinggalkan Balasan