Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Polygon Gravel Tambora Series, Gravel Carbon Pertama Besutan Polygon

Polygon merilis Gravel Bike terbaru bernama Polygon Gravel Tambora Series. Seri ini memiliki frame carbon, yang merupakan gravel bike carbon pertama dari Polygon.

Polygon Tambora series terinspirasi oleh Gunung Tambora, letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Sepeda ini menggabungkan medan gravel dan road untuk memberikan pengalaman riding yang lebih nyaman dan kontrol kecepatan yang lebih baik.

Pecinta sepeda gravel dapat memilih dari empat seri yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2023 ini. Seri tersebut meliputi Polygon Tambora G4 dengan bahan alloy, Polygon Tambora G5, G7, dan G8x dengan frame carbon, serta seri X dengan groupset elektronik.

Polygon Tambora G4
Tambora G4 adalah satu-satunya frame alloy yang hadir di Tambora series. Frame berbahan ALX GRAVEL dengan fork Carbon Rigid. Menerapkan internal routing cable membuat sepeda ini terlihat lebih rapih karena tidak ada kabel muncul di bagian depan.

Namun seri ini masih menggunakan clip dibagian belakang tepatnya di bawah chainstay, sehingga kabel RD masih dapat terlihat.

Sekilas geometry Tambora G4 mirip dengan Polygon Bend R yang keluar di tahun yang sama. Berbedaan mencolok berada pada bagian chainstay yang menerapkan desain dropped chainstay yang menjadi ciri khas dari frame gravel serta bisa menggunakan ban besar dan single chainring.

Tambora G4 menggunakan single chainring dilengkapi dengan groupset dari Microshift Advent X. Meskipun sudah mengusung internal routing cable, sayangnya pada bagian kokpit masih terlihat kabel yang keluar dari sisi brifter. Jika dilihat dari depan, tidak pure internal route.

Polygon Tambora G4 dibandrol dengan harga Rp9,5 juta. Selain menggunakan groupset microshift advent x dan frame alloy, seri ini juga karena masih menggunakan caliper full mechanical yang tentu harganya jauh di bawah full hidrolis.

Polygon Tambora G5 G7 & G8X
Secara umum ketiga series gravel bike besutan Polygon ini menggunakan frame yang sama, Gravel carbon ACX dan hanya berbeda dibagian partnya saja.

Dari geometrynya terlihat frame ini lebih ditujukan untuk medan gravel yang minim aspal. Menggunakan dropped chainstay, namun tidak se-ekstrim Polygon Tambora G4.

Frame ACX merupakan model kerangka yang paling ringan, kokoh, dan nyaman di kelasnya. Perjalanan menjadi lebih menyenangkan karena memakai carbon rigid fork yang dapat meredam getaran dan benturan.

Polygon Tambora G5 dilengkapi dengan tuas shift-brake SRAM APEX 1 11-SPEED BRIFTER dengan teknologi Double Tap, yang menawarkan penyesuaian jangkauan untuk tuas shifter dan rem. Sepeda ini dibekali sistem rem cakram mekanik.

Tambora G5 dilengkapi dengan tire clearance hingga 45C dan dibandrol dengan harga Rp21 juta.

Sementara Polygon Gravel Tambora G7 menggunakan SRAM APEX 1 x 12-speed BRIFTER. Dilengkapi dengan brake hidrolik membuat sepeda ini dapat berjalan di berbagai medan dan perpindahan gear yang smooth.

Tambora G7 mampu membawa Anda di semua jenis medan dengan kecepatan tinggi, dibandrol dengan harga Rp33 juta.

Terakhir adalah seri Polygon Gravel Tambora G8X. Sepeda gravel dengan series tertinggi dikelasnya ini dilengkapi dengan SRAM Rival XPLR eTap AXS 12-speed. Istimewanya sepeda ini menawarkan sistem Wireless Shifting, Hydraulic Braking System, dan kompabilitas dengan komponen AXS lainnya.

Dengan segala keunggulan dan kemudahan dalam mengendara, Polygon series Tambora G8X dibandrol dengan harga Rp41 juta.

One thought on “Polygon Gravel Tambora Series, Gravel Carbon Pertama Besutan Polygon

Comments are closed.