Gowesku

Komunitas Sepedaku

7 Tips Bersepeda Jarak Jauh

Touring sepeda memang identik dengan menempuh jarak yang jauh, sehingga bagi riders tentu butuh persiapan matang meliputi banyak hal.

Berikut beberapa persiapan yang dapat dilakukan buat kamu yang berencana untuk bersepeda jarak jauh mengutip situs Rodalink:

1. Persiapkan Fisik

Bersepeda jarak jauh biasanya merupakan kegiatan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Oleh karena itu, sembari menunggu hari H tiba pastikan kamu untuk mempersiapkan diri akan kesiapan fisik. Secara, bersepeda menempuh jarak yang jauh sudah tentu membutuhkan fisik dan stamina yang prima. Persiapkan fisik dengan cara latihan secara rutin, hal ini bisa dilakukan salah satunya latihan mengatur kecepatan. Latihan ini berfungsi untuk mengkondisikan tubuh kamu agar tak kaget saat riding jarak jauh. Kamu bisa mencari tahu seperti apa rute maupun track yang akan kamu lalui, kemudian mulailah latihan dengan gowes menyerupai rute / jarak yang akan ditempuh.

2. Jaga Asupan Nutrisi

Berikutnya adalah tentang menjaga asupan nutrisi, bagaimanapun juga bersepeda menempuh jarak yang jauh sudah pasti bakal butuh tenaga yang besar pula. Hal ini bisa kamu persiapkan dengan menjaga pola makan. Pada saat akan memulai gowes, usahakan untuk menghindari kondisi perut yang kosong atau terlalu kenyang. Selain itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya akan serat seperti buah-buahan jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar nantinya nutrisi dari makanan yang kita konsumsi mampu memberikan pasokan energi saat kamu mengayuh sepeda.

3. Istirahat yang Cukup

Stamina dalam tubuh kita tak sekadar dipengaruhi dari asupan makanan yang kita konsumsi saja, namun gaya hidup kita pun juga ikut memiliki andil, salah satunya kerap begadang. Apabila memang kamu berencana riding jarak jauh, usahakan untuk menahan diri dengan stop begadang. Menjelang riding jarak jauh usahakan untuk memastikan isitirahat yang cukup, salah satunya adalah dengan menerapkan jam tidur yang teratur, minimal beberapa hari sebelum momen riding tiba.

4. Cek Kondisi Sepeda
Nggak cuman riders saja  yang butuh persiapan, namun sepeda juga butuh sedikit perhatian lho..!. yaitu dengan cara melakukan pengecekan kondisi sepeda. Kamu bisa lakukan pengecekan pada beberapa bagian, misalkan pengereman masih pakem atau tidak, kondisi wheel set sepeda, suspensi, groupset masih berfungsi normal atau tidak, hingga dengan kondisi stang sebagai kemudi saat gowes.

Tentu pengecekan kondisi sepeda sangatlah vital guna menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan saat gowes jarak jauh. Kalau perlu, sebelum bepergian gowes menempuh jarak jauh usahakan untuk lakukan service sepeda, baik perbaikan ringan atau pun perbaikan besar. Kalau memang ada spare part sepeda yang perlu diganti, gantilah dengan menggunakan spare part yang dijamin keasliannya sehingga dari segi kualitas pun lebih baik.

5. Bekal Minum Secukupnya

Persiapan fisik sudah, sepeda juga sudah siap untuk digenjot melaju di jalanan. Eits… Tapi sebelum meluncur, jangan lupa untuk memastikan untuk membawa bekal minuman secukupnya. Bekal air minum ini kamu bisa sesuaikan dengan bottle cage yang ada di sepeda kamu, misalkan sepeda kamu terdapat 2 bottle cage atau mungkin hanya memiliki satu bottle cage.  Paling tidak kamu harus membawa satu botol air guna terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kamu pun juga bisa membawa cemilan secukupnya untuk dikonsumsi pada saat sedang istirahat, atau pun momen lainnya.

6. Pastikan Toolkit  Ada dalam Barang Bawaan

Bagi riders ang berencana untuk riding jarak jauh pastikan untuk membawa toolkit sepeda.  Meskipun sebelum riding sepeda sudah melewati service atau perawatan, namun toolkit berfungsi sebagai antisipasi guna berjaga-jaga jika di dalam perjalanan mengalami kendala atau masalah dengan sepeda. Toolkit yang dibawa tentu bisa menjadi pertolongan pertama sebelum menemukan bengkel terdekat.

7. Jangan Lupa Membawa Barang Penting

Bersepeda dengan jarak jauh membawa banyak barang bawaan tentu akan menambah beban buat kita sebagai riders. Namun barang-barang tersebut pun beberapa memang menjadi sangat penting akan peran yang dibutuhkan. Sebagai contoh, ketika bepergian jauh pastikan kamu membawa identitas dan smartphone apabila terjadi situasi emergency. Sementara perlengkapan lain dibutuhkan lebih berhubungan dengan sepeda, seperti ban dalam cadangan, kunci L set, portable mini pump, dan sebagainya.

Berbagai barang bawaan kita saat gowes jauh tentu akan lebih mudah terakomodasi apabila sepeda kamu dilengkapi dengan tas sepeda, baik itu dalam bentuk tas carrier atau pun backpack.



	

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: