Gowesku

Komunitas Sepedaku

Jarak Aman Pesepeda dan Pengendara Lain di Jalan Raya, Sisain Minimal 1 Meter

Jalanan makin dipenuhi pesepeda akhir-akhir ini, pandemi virus Corona membuat orang jadi demam bersepeda. Kalau jalanan sudah penuh begini, bagaimana tips kalau kita bertemu dengan rombongan pesepeda.

Menurut pebalap yang juga tengah menekuni hobi sepeda, Rifat Sungkar, sebagai sesama pengguna jalan harus saling menghargai. Selain infrastruktur jalan di Indonesia yang belum sepenuhnya mendukung jumlah pesepeda apalagi seperti sekarang ini yang sedang meningkat trennya, menurut Rifat kita semua harus saling berbagi jalan.

Dirinya mencontohkan kalau di Australia itu ada kampanye tentang berbagi dengan pesepeda di jalan raya. Kampanye “A Metter Matters”, yang artinya antara kendaraan yang menggunakan mesin dengan kendaraan yang tidak menggunakan mesin itu harus menjaga jarak keseimbangannya sejauh satu meter.

Membawa Sepeda di Mobil, Ini Tipsnya Ala Rifat Sungkar

“Hal ini untuk mengantisipasi ketika tiba- tiba mobil berhenti, atau tiba-tiba ada mobil yang membuka pintu. Jadi sebelah-sebelahan itu harus satu meter jaraknya. Bukan depan-depanan ya,” jelasnya.

Hal seperti itu yang agak sulit untuk diterapkan di sini, mengingat kondisi jalannya juga tidak banyak yang lebar. Jadi sebaiknya memang harus sama-sama saling mengerti, kalau yang naik sepeda tidak bergerombol sampai menghabiskan lebar jalan, dan yang naik mobil atau motor juga harus menjaga kecepatan ketika bertemu dengan
rombongan sepeda.

“Kalau di Indonesia harus hati-hati, karena antara infrastruktur dan jumlah pesepeda itu tidak seimbang. Kita tidak bisa juga membatasi jumlah satu sama lainnya. Jadi harus ada saling pengertian sesama pengguna jalan,” pungkas
Rifat.

Bangga! Presiden Jokowi Suka Sepeda Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: