Gowesku

Komunitas Sepedaku

Tips Membeli Sepeda yang Cocok

aneka sepeda
Aneka sepeda

 

Mau olahraga yang menyenangkan, coba saja naik sepeda. Tapi ingat jangan asal-asalan pas beli sepeda, jangan sampai karena sepeda yang tidak cocok malah membuyarkan impian goweser buat.

Dari Consumer Report ada tipsnya biar naik sepeda jadi asyik nanti. Tulisan aslinya sih cukup panjang, tapi dirangkum saja ya, bro, sis:

Jadi gini cerita singkatnya:

1. Harga sepeda

Harga sepeda paling murah ada di kisaran Rp 500.000 sampai ada yang puluhan juta rupiah. Harga sepeda kian mahal tergantung bahan material frame sepeda. Buat yang mahal karena pakai serat karbon, aluminium, atau alloy dan komponen yang lain. Intinya ada harga ada kualitas.

Sepeda yang tidak terlalu mahal, di bawah Rp 2 juta kelihatannya cocok, tapi kami sarankan sekitar Rp 3 juta ke atas, kalau anggaran cocok dan disetujui orang rumah. Kenapa? karena harga sepeda di level 3 juta ke atas fiturnya cukup oke, senilai dengan duit yang bro sis keluarkan.

Sayangnya sepeda yang dijual di supermarket biasanya hanya punya satu ukuran saja. Jadi kadang bro sis rasa ukurannya tidak pas dengan badan.

Jadi intinya beli sepeda di supermarket kalau mau dipakai untuk casual saja.

2. Tentukan mau gowes kayak apa

Hal ini akan menentukan pilihan sepeda Anda. Kalau bro sis termasuk goweser yang hard core, mountain bike atau down hill jadi pilihan bro sis.

Kalau bro sis termasuk pengendara sepeda yang alon-alon asal kelakon, bro sis mungkin lebih memilih sepeda konvensional, bisa jadi sepeda MTB yang tidak terlalu mahal. Pengin nyantai di jalanan rata cari sepeda yang nyaman seperti road bike.

3. Cari Toko Sepeda yang cocok

Kadang kita pikir, kalau bayar mahal, bisa mendapatkan barang bagus. Sepeda dari toko mungkin setingannya tidak pas atau dibangun kurang cocok dengan struktur badan Anda. Soal geometri ini nanti kita bahas di artikel yang berbeda.

Jika Anda tidak cocok dengan pedal atau sadelnya, beberapa toko bisa tukar tambah dengan gratis. Sebagai tambahan minta petuah goweser yang sudah berpengalaman buat cari toko sepeda yang cocok.

4. Tes dong

Sebelum beli, pastiin bro sis ngetes sepeda. Mulai dari rem sampai shifter yang gampang digunakan. Giginya ada gigi rendah biar gak ngos-ngosan pas nanjak. Frame dan suspensi harus cukup lembut biar asyik dikendarai.

3 thoughts on “Tips Membeli Sepeda yang Cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: