29/09/2024
Ultracycling GX-ID

Foto: Dok. GX-ID

Gowesku.com – Ultra Cycling menjadi salah satu nomor bersepeda yang kini tengah digemari pada pesepeda. Salah satu event Ultra Cycling yang tengah popular di Indonesia adalah Bentang Jawa sejauh 1.500 km atau event Race Around Java 2024 sejauh 3.000 km.

Melakukan perjalanan sangat jauh dengan bersepeda mungkin tak lazim dilakukan oleh orang pada umumnya. Namun bagi mereka para penggemar Ultra Cycling, bersepeda jarak jauh akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri.

Komunitas sepeda gravel GX-ID menggelar diskusi dan Coaching Clinic yang membahas tentang Ultra Cycling yang diselenggaran di De Cafe Republic, Salsa Food City, Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan pada, 21 September 2024. Lebih dari 100 peserta berkumpul mengikuti acara GX-ID Coffee Ride. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Tangerang Urban Gravel (TUG) 100K yang akan diadakan pada tanggal, 28 September 2024.

Coaching Clinic kali ini bertema Super Energy for Ultra Cycling. Ya, hanya orang-orang yang punya energi super yang mampu menaklukan tantangan Ultra Cycling, seperti yang telah diraih Anita Fiun dengan berbagai prestasinya, Tercepat di Bentang Jawa 2023 Kategori Wanita dan Finisher Wanita Asia Pertama di BADLANDS 2024.

Ultracycling GX-ID
Foto: Dok. GX-ID

Co-Host yang juga Owner De Cafe Republic Om Eko Teng, memandu dr. Leo Alkan, M.ARS, (PH) memberikan perspektif dari sisi Medical Sport tentang Super Energy for Ultra Cycling. Ia menekankan pentingnya berolahraga dengan cara yang sehat, latihan bertahap, agar tubuh kita tidak rusak di kemudian hari karena terlalu memaksa.

dr. Leo Alkan juga menekankan pentingnya semangat juang yang tangguh dan super untuk membangkitkan kekuatan tubuh agar mampu mengatasi semua tantangan Ultra Cycling.

Tips Berolahraga Sehat
dr. Leo Alkan memberikan beberapa tips penting untuk berolahraga dengan sehat:

1. Jangan Memaksakan Diri
Penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan tidak memaksakan diri. Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan cedera dan masalah kesehatan jangka panjang.

2. Nutrisi dan Hidrasi
Nutrisi dan hidrasi yang tepat sangat penting dalam perjalanan bersepeda. Dr. Leo menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan alami (real food) daripada makanan olahan (processed food).

Manfaatkan nutrisi alami seperti kurma, pisang, anggur, buah delima, atau buah lokal lain sebelum dan selama aktivitas Ultra Cycling.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk menghindari kafein berlebihan, atau makanan atau minuman yang menstimulasi adrenalin, sebelum dan saat melakukan Ultra Cycling karena dapat memacu kerja jantung secara ekstra (melebihi HR max) yang menimbulkan FATIQUE.

3. Membangun Endurance Secara Bertahap


Endurance atau daya tahan tubuh harus dibangun secara rutin dan bertahap. dr. Leo juga menyarankan untuk melakukan berbagai pola cross training agar otot-otot tubuh terlatih dengan baik.

Super Energy untuk Ultra Cycling tidak bisa dibangun dengan sekejap, tetapi melalui latihan-latihan rutin yang bervariasi.

Ultra Cycling hanya boleh dilakukan dengan latihan dan persiapan yang baik, karena tubuh dipacu dalam waktu tertentu, dan istirahat yang terbatas.

4. Kualitas Nutrisi dan Istirahat
Untuk mendukung olahraga yang berkualitas, perlu kebiasaan istirahat total (deep sleep) yang cukup, 6-8 jam sehari untuk memulihkan sel yang rusak dan recovery.

5. Stretching Harian
Lakukan stretching seluruh tubuh setiap hari (3-5 kali seminggu). Rutinitas ini terdiri dari 10 menit stretching workout, 20 detik latihan, dan 30 detik interval untuk meningkatkan fleksibilitas.

6. Kualitas Sepeda dan Bike Fitting
Pastikan kualitas sepeda sesuai dengan medan yang dilalui dan melakukan bike fitting yang optimal untuk mendukung performa dan kenyamanan saat bersepeda serta mengurangi resiko cedera dan kelelahan yang tidak perlu.

7. Jangan lupa bahagia…
Karena kesehatan mental dan semangat yang positif adalah super energy yang perlu dibangun untuk menaklukan semua tantangan Ultra Cycling. Rob

Tinggalkan Balasan