17/09/2024

Gowesku.com – Tur Batas Kota (TBK) series II mendapat apresiasi luar biasa dari para peserta. Mereka umumnya puas dengan event sepeda yang digelar setahun sekali ini.

Hal ini terlihat dari sejumlah postingan dan komentar para peserta yang mengikuti gelaran event ini di Paradise Dreamland, Paradise Serpong City, Tangerang Selatan, Minggu 4 Agustus 2024. 

Antusiasme peserta sudah terlihat sejak Minggu pagi, mereka sudah berdatangan ke lokasi membawa kendaraannya masing-masing.

Tak hanya dari Tangsel, sebagian peserta datang dari luar berbagai kota, seperti Serang, Carita, Depok, Bogor, Jakarta, Bekasi dan kota lainnya. 

Event kali ini panitia membaginya menjadi dua, yaitu kategori 75 kilometer (all terrain) dan kategori 100 kilometer (endurance). Dengan konsep ini peserta dapat memilih sesuai dengan minatnya masing-masing.

Bagi yang suka lintasan gravel, bisa memilih kategori all terrain, sementara yang lebih suka lintasan jalan raya, kategori on road bisa jadi pilihan. 

Total peserta yang mengikuti TBK series II sebanyak 720 orang. Dari setiap kategori, panitia memilih 10 peserta terbaik.

Bagi yang terpilih, masing-masing akan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari panitia. Inilah yang membedakan TBK tahun ini dengan TBK yang digelar tahun sebelumnya. 

Pukul 6.30 WIB, peserta sudah siap di garis start. Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya dimulainya perjalannya bagi para peserta.

Tampak hadir di lokasi, Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid, dan Ketua Koni Tangsel Hamka Handaru.

Sukses untuk TBK

Seperti mendapatkan tempat tersendiri, umumnya peserta mengaku puas dengan event TBK kali ini. Ini terlihat dari sejumlah komentar yang ditulis peserta di platform media sosialnya. 

Dana, salah satu peserta asal Jakarta mengaku puas dengan event dan rangkaian acara yang dibuat oleh panitia. Peserta kategori 100 kilometer berharap, penyelenggaraan TBK dapat lebih baik di event selanjutnya. 

“TBK sukses bikin pesepeda Tangsel, Jaksel tumplek blek. TBK panitianya guyub ngerangkul, ceria,” ujar Dana. 

“Acaranya cukup meriah meski rutenya bikin perih ah. jalan lumpur, rusak, polisi tidur sampai ga kehitung sampai ban harus robek besar karena jalan yang parah banget. But overall keren mantab. Di tunggu utk series ke 3 nya,” ujar pemilik akun @andri.alyamarwah

“Sangat maksimal. Treknya mantap. Insha Allah akan ikut lagi tahun depan,” ujar Aditya Dwi Cahyadi, peserta asal Depok peraih penghargaan TBK nomor urut pertama kategori 100 kilometer. 

“TBK series dua makin diminati. Jika sebelumnya diikuti 500 peserta, pada event kedua tercatat lebih dari 700-an peserta mendaftar. Bukti kalau ‘dunia sepeda’ belum redup, masih ada. Peminatnya banyak, perlahan tapi pasti. Salah satunya karena panitia mampu mengemas dengan sangat baik jalannya lomba,” ujar pemilik akun @egu_dkj. 

Kota Destinasi Olahraga

Ketua KONI Tangsel, Hamka Handaru, menegaskan bahwa pelaksanaan TBK Series II semakin mengukuhkan Tangsel sebagai kota destinasi olahraga. Salah satu buktinya adalah keberhasilan acara TBK ini.

“Semoga para peserta menikmati acara ini dan tidak kapok untuk kembali ke Tangsel,” ujar Hamka saat pelepasan peserta.

Lebih lanjut, Hamka menjelaskan bahwa kegiatan olahraga di Tangsel tidak berhenti di sini. Ia memastikan adanya berbagai kegiatan lanjutan, seperti Tangsel Marathon dan Duathlon, serta acara “bike and run” di Bintaro Loop.

“Silahkan bergabung dan menikmati kegiatan-kegiatan tersebut,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, mengimbau para peserta TBK Series II untuk berhati-hati selama perjalanan dan mematuhi rambu lalu lintas.

“Alhamdulillah, pagi ini kita berkumpul di Tur Batas Kota. Semoga semua peserta selalu sehat dan menjaga kesehatan. Hati-hati di jalan dan semoga semuanya berjalan lancar,” ujar Pilar saat pelepasan keberangkatan peserta. []