18/10/2024
Bernard Van Aert

Pembalap sepeda Indonesia, Bernard Van Aert berpose. (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Gowesku.com – Bernard Benyamin van Aert menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang balap sepeda pada Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus tahun ini.

Pesepeda yang akrab disapa Bernard van Aert ini lahir di Singkawang, Kalimantan Barat, pada 8 September 1997. Ia berhasil lolos ke Olimpiade melalui jalur khusus.

Jalur khusus yang dimaksud adalah kualifikasi khusus negara untuk disiplin balap sepeda trek nomor omnium putra, berdasarkan keputusan yang diterbitkan Union Cycliste Internationale (UCI).

Bernard van Aert menjadi pesepeda trek pertama dari Indonesia yang tampil di Olimpiade setelah 20 tahun, sejak Santia Tri Kusuma di Olimpiade Athena.

Sejak tahun 2023, Bernard van Aert menjalani latihan intensif demi merebut tiket ke Olimpiade Paris. Ia menjadi salah satu dari 24 pesepeda dunia yang berkompetisi di Track World Championship 2022.

Karir Bernard van Aert

Sepanjang kariernya, Bernard van Aert telah meraih berbagai prestasi, termasuk medali perak di Asian Track Championship 2019 dan Tissot UCI Track Nations Cup 2022.

Selain itu, Bernard juga meraih medali emas di Men’s Scratch 15km Asia Cup 2022 dan medali perak di Men’s Elite Omnium Track Asia Cup 2022.

“Alhamdulillah, dengan perjuangan yang sangat berat dan panjang melawan gempuran teknologi dari tim negara-negara besar yang setiap tahun berkembang,” ujar pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo seperti dikutip dari Bola.com, Selasa 23 Juli 2024.

Bernard van Aert mendapatkan poin besar dalam Road to Paris 2024 setelah meraih medali perak di kejuaraan Asian Track Championship di New Delhi, India. Hal ini membantu mendongkrak poinnya.

Bernard kemudian tampil di UCI Track Nations Cup dan berhasil masuk final di semua kategori, sehingga berhasil mengumpulkan poin yang cukup untuk lolos kualifikasi ke Olimpiade Paris 2024.

Balap sepeda di Olimpiade Paris

Untuk cabang olahraga balap sepeda disiplin track endurance, Olimpiade Paris akan mempertandingkan tiga nomor: Team Pursuit, Madison, dan Omnium. Dari ketiga nomor tersebut, terdapat sepuluh kuota negara yang lolos ke Team Pursuit, 15 di Madison, dan 22 di Omnium.

Bernard van Aert akan bertanding di nomor omnium putra, kategori yang membutuhkan keterampilan dalam enam jenis balapan berbeda.

“Kami fokus latihan fisik terutama endurance. Latihan penuh selama satu minggu. Ini adalah Olimpiade pertama bagi saya. Lawan terberat adalah negara-negara besar,” ungkap Bernard van Aert.

Profil Bernard van Aert

Nama Lengkap: Bernard Benyamin van Aert

Tempat dan Tanggal Lahir: Singkawang, Kalimantan Barat, pada 8 September 1997

Olahraga: Balap Sepeda

Nomor: Omnium Putra

Prestasi: Medali Perak Asian Track Championship 2019, Medali Perak Tissot UCI Track Nations Cup 2022, Medali Emas Men’s Scratch 15km Asia Cup 2022, Medali Perak Men’s Elite Omnium Track Asia Cup 2022.

Baca juga :

Bernard van Aert: Optimis di Olimpiade Paris 2024 dengan Sepeda ‘Murah’

Tour De Rengganis Situbondo: Ajang Balap Sepeda Internasional 2024