08/09/2024
Foto: IG @EamonnKeaveney

Gowesku.com – Seorang pria asal Irlandi, Eamonn Keaveney mendapatkan gelar Guinness World Records setelah berhasil mengendarai sepeda roda satu sejauh 495 kilometer.

Melansir UPI, Kamia (18/7), aksi ekstrem itu dilakukan Eamonn menyusuri perjalanan dari Irlandia selatan menuju Irlandia Utara sejauh 495 kilometer dengan hanya sepeda roda satu.

Ia bersepeda dalam waktu lima hari, lima jam, dan 23 menit. Aksi itu membuatnya mendapatkan gelar Guinness World Records. Eamonn mengatakan gelar yang diberikan oleh Guinness World Records sangat mengesankannya.

“Tampak seperti perpaduan sempurna antara menakutkan dan konyol,” kata Keaveney.

Sebelum aksi ekstrim itu, Keaveney juga sempat mendapatkan rekor yang tak kalah gila. Ia melakukan perjalanan tanpa alas kaki terpanjang di dunia pada tahun 2016. Ia juga telah mendaki 10 gunung tanpa alas kaki dalam waktu 10 hari.

Yang lebih mencenangkan, ia belum pernah mengendarai sepeda roda satu sebelumnya. Hingga akhirnya ia berlatih untuk mendapatkan rekor tersebut. Dalam sehari, ia mengendarai sepeda selama 12 jam dalam upaya membuat rekor itu.

“Kadang-kadang sulit menjelang akhir hari untuk memaksakan diri saya naik ke sepeda unicycle untuk beberapa mil terakhir,” katanya.

Dia mengatakan pergelangan kaki yang membengkak menjelang akhir perjalanan membuat setiap kayuhan pedal rasanya seperti penyiksaan.

“Selama Anda bergerak, Anda mengayuh. Oleh karena itu pergelangan kaki saya membengkak karena terlalu sering digunakan,” katanya. (*)