08/09/2024

Gowesku.com – Ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024 akan digelar pada tanggal 22 hingga 25 Juli mendatang. Para pembalap sepeda dari berbagai tim internasional telah mulai berdatangan sejak Rabu, 17 Juli, guna mempersiapkan diri dan mencoba rute balap yang menjadi bagian dari agenda Union Cycliste Internationale (UCI) tersebut.

Salah satu pembalap asing yang sudah tiba untuk menjajal lintasan ITdBI adalah anggota Ccachex PAR Team dari Australia. Selain itu, Drage Jack Tane Bailey, pembalap muda asal New Zealand yang bermain untuk tim Banyuwangi BRCC, juga telah intens berlatih di track Ijen yang terkenal menantang dan sulit ditaklukkan.

“Sudah ada beberapa pembalap dari luar negeri yang datang lebih awal untuk mencoba lintasan. Besok, beberapa pembalap lainnya juga akan tiba untuk melakukan hal yang sama,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi, M. Alfin Kurniawan, seperti dikutip dari laman Banyuwangikab.go.id, Rabu (17/7) lalu.

Dijadwalkan, pembalap dari 7Eleven Philippines Continental Cycling Team dari Filipina dan Pontianak Wijaya Racing Team asal Indonesia akan tiba pada Kamis, 18 Juli. Kemudian, pembalap dari Trengganu Cycling Team asal Malaysia dijadwalkan tiba pada Jumat, 19 Juli. Tim-tim lain akan menyusul pada tanggal 20 Juli. Pada 21 Juli, seluruh perwakilan tim akan mengikuti technical meeting.

Alfin menjelaskan, panitia ITdBI akan memfasilitasi kedatangan para pembalap yang tiba melalui Bandara Banyuwangi. Pihaknya juga telah menyediakan tempat menginap bagi para peserta ajang balap sepeda bergengsi yang masuk dalam agenda Union Cycliste Internationale (UCI) itu. (*)