Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

McLaren Extreme and Sport: Sepeda Listrik dengan Desain Supercar

Sepeda eMTB McLaren
Sepeda eMTB McLaren (Foto: mclarenbikes.com)

Gowesku.com – Perusahaan supercar asal Inggris McLaren memperkenalkan sepeda gunung listrik (eMTB). Sepeda listrik terbaru yang diberi nama “McLaren Extreme and Sport”, diklaim sebagai sepeda paling bertenaga di dunia saat ini, mampu mencapai kecepatan maksimum 34 kilometer per jam.

Menurut laporan dari Gizmochina, Jumat, 14 Juni 2024, sepeda gunung listrik ini mulai dipasarkan dengan harga mulai dari US$ 7.950 atau sekitar Rp 130 juta. McLaren meluncurkan dua varian: eMTB Extreme dan eMTB Sport. Uniknya, McLaren memproduksi sepeda listrik ini sepenuhnya secara in-house, tanpa kolaborasi dengan produsen lain.

Desain sepeda listrik ini dikerjakan oleh tim internal McLaren yang juga merancang mobil Artura Hybrid. Hal ini menjadikan sepeda listrik McLaren dinilai paling bertenaga di dunia, berkat adopsi teknologi dan keahlian dari sektor mobil sport.

Meski memiliki tenaga luar biasa, penampilan sepeda ini tidak sesangar sepeda olahraga ekstrem lainnya di pasaran. McLaren memasang teknologi motor mid-drive kustom dengan output daya normal 600 watt dan daya puncak 825 watt. Sepeda ini mampu menghasilkan torsi hingga 119 Nm, menjadikannya sepeda listrik dengan motor paling bertenaga di kelasnya.

Terdapat lima mode kecepatan yang bisa dipilih, dengan mode teratas mencapai kecepatan 34 kilometer per jam. Sepeda gunung listrik McLaren Extreme and Sport menggunakan material karbon sepenuhnya dengan aksen oranye yang khas.

Kedua model, Extreme dan Sport, memiliki desain yang hampir serupa. Perbedaannya terletak pada sistem suspensi penuh yang hanya ada pada model Extreme, membuatnya sangat cocok untuk medan off-road. Versi Sport memiliki desain yang lebih serbaguna dan estetika yang lebih streamline.

Baik model Extreme maupun Sport efektif digunakan di jalan aspal maupun trail. Keduanya juga dilengkapi dengan layar dengan grafis mirip yang ditemukan pada sebuah supercar, menambah kesan mewah dan modern pada sepeda ini. (robi)