Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Local Legend 2024, Balap Melewati 3 Gunung

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung penyelenggaraan “Local Legend 2024” yang merupakan event balap sepeda Indonesia bersegmen King of Mountain atau KOM bertaraf internasional.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas perencanaan Local Legend, yang akan diselenggarakan di Magelang, Jawa Tengah, pada 22 sampai 23 Juni 2024. Semoga Local Legend dapat terlaksana dengan sukses dan menggaungkan sport tourism Indonesia agar semakin mendunia,” kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan bahwa Local Legend tidak hanya memperkaya khasanah event, tapi juga mendatangkan wisatawan yang berkualitas.

“Belum lagi kita lihat dampak event, hotel semua penuh, dan restoran laris manis. Jadi sekali lagi, kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi. Memang kalau kita bicara sport tourism, pascapandemi ini, potensi pelaksanan sport tourism ini luar biasa, hampir semua daerah penyelenggaraan event, pasti ada unsur olahraganya,” kata Vinsensius.

Vinsensius mengingatkan bagi para penyelenggara dan peserta agar memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan saat berlangsungnya event.

“Satu pesan dari kami jangan sampai euforia bersepeda yang menyehatkan ini menjadikan kita lupa terhadap kepada aspek-aspek keberlanjutan, oleh karena itu terkait dengan manajemen sampah, sampah plastik air minum tolong diperhatikan, jangan sampai dibuang di gunung begitu saja, mohon ini menjadi perhatian kita semua dan mohon sampaikan kepada peserta,” kata Vinsensius.

Event Director Local Legend dan Santini Principal in Indonesia, Adrian A. Tenggono, menjelaskan bahwa Local Legend merupakan event balap sepeda yang terinspirasi dari La Stelvio Santini-Italia. Acara ini bertujuan untuk menemukan legenda lokal yang berprestasi pada bidang olahraga sepeda.

Local Legend 2024 memiliki target peserta sebanyak 500 pesepeda, yang terdiri dari 90 persen peserta WNI, dan 10 persen peserta WNA dari Australia, Singapura, Hongkong, dan Malaysia.

“Dan kita memiliki tagline cycling with three mountains yaitu melewati indahnya Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dan Gunung Merbabu dan itu kita laksanakan di Magelang. Yang menang overall, dua kali menang di Local Legend ini, kita memang mau bawa cyclist ini yang kita sebut legenda lokal ini mengikuti acara La Stelvio Santini – Italia,dan semoga dengan adanya Local Legend dapat turut memajukan sport tourism di Magelang Khususnya dan Indonesia umumnya,” kata Adrian.

Technical Consultant Local Legend, Benny Yahya, menyampaikan bahwa Local Legend mencakup dua kategori, yaitu rute 113 kilometer untuk long, dengan elevasinya sekitar 2400. Kedua, dengan rute pendek yaitu 90 kilometer, dengan elevasi 1600.

“Rute 90 kilometer ini hanya untuk fun, sehingga tidak terlalu berat, jadi mereka bisa menikmati pemandangan Magelang,” kata Benny.

Head of Marketing Brand EJ Sport, Febrian Adiputra, menyampaikan bahwa EJ sport juga akan mendukung penyelenggaraan Local Legend 2024 dari sisi penyediaan nutrisi bagi para peserta.

“Jadi kami mendukung dari sisi nutrisi peserta. EJ Sport ini sebuah industri bentuknya gel, untuk endurance agar lebih lama. Nanti kami tempatkan pasokannya di titik-titik yang dilalui peserta, dari 113 km ada beberapa titik yang kami sediakan. Jadi tentunya aman,” kata Febrian.

Tinggalkan Balasan