27/07/2024

 

Ratusan pesepeda mengikuti event yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur yaitu BOB Highland XC Challenge, pada Minggu (4/12/2022).

BOB Highland XC Challenge ini terbagi menjadi 8 kategori yaitu Men Pro, Men Open, Men Youth, Gravel Open, Women Open, Men Master A, Men Master B, King dan Queen Of Mountain. Para peserta memperebutkan total hadiah sebesar Rp 50 juta.

Bersepeda di Singapura, Jelajah Rute Terindahnya di Sana

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Bisma Jatmika mengatakan kegiatan sport tourism semacam ini terbukti efektif mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Pola pariwisata sekarang ini bergeser, adanya pandemi Covid-19 membuat wisatawan lebih memilih sport tourism karena dinilai lebih menyehatkan dan tentu saja menyenangkan,” ujarnya setelah melepas para pesepeda.

Peserta BOB Highland XC Challenge merupakan Atlit sepeda nasional, Atlit sepeda Internasional, Para penghobi sepeda gunung, Komunitas sepeda, PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia), UCI (United Cycling International). Menariknya, event ini juga diikuti oleh peserta luar DIY dan Jawa Tengah. Bahkan ada yang dari luar negeri.

“Peserta di luar ekspektasi kami, bukan hanya dari Jateng, DIY, Jatim, Jabar. Bahkan ada peserta dari Malaysia juga. Ini bisa jadi angin segar bagi sport tourism kita dan menggeliatkan perekonomian warga sekitar,” ujarnya.

Para pesepeda disuguhi rute tanjakan maupun turunan dengan pemandangan eksotis di Kawasan Perbukitan Menoreh. Di antaranya Kebun Teh Nglinggo, Tumpeng Menoreh, Puncak Widosari dan desa wisata sekitar. Peserta terutama dari luar daerah diharapkan memiliki kesan mendalam sehingga kembali datang ke obyek wisata seputar Gelang Projo.

Diharapkan dengan adanya event sepeda ini dapat mempromosikan destinasi pariwisata khususnya di kawasan Borobudur Highland yang berada di zona Otoritatif Badan Pelaksana Otorita Borobudur serta memberikan multiplier effect yang baik bagi Pengelola homestay / hotel disekitar kawasan. Dengan begitu, ekonomi warga sekitar ikut menggeliat.

Sepeda Gravel paling enteng sedunia..??

 

Berikut Daftar Pemenang

Men Elite
1. Zainal Fanani
2. Ihza Muhammad
3. Feri Yudiyono
4. Elsa Dwi Hartanto
5. Naufal Ghani

Gravel Open
1. Benu Hernowo
2. Yanuar Brindil
3. Mohammad Azuri
4. Sigit Noviansyah
5. Azis Risdian

Men Master A

1. Raden Arif Sigit Sulistyo
2. Moammar
3. Apriyono
4. Tru Wahyu Hidayat
5. M. Uki Kurniawan

Men Master B
1. Andi Joe
2. Benny Setya N.
3. Izwan MD. Sumairi
4. Gandul
5. M. Zuhdi Malik

Men Youth
1. Dimas Nur Fadhil
2. Andra Rizki P.
3. Moammar Khadafi
4. Arfan Henanda Saputra
5. Rexi Achira Kenan

Men Open
1. Miftahul Huda
2. Raffi Brilianto
3. Tigor Narotama
4. Achmad Fikri Saputa

Women Open
1. Pegi Maulidia
2. Maria Dea Wrestiningtyas
3. Shaista Mutiara
4. Nursyaningsih
5. Intan Tyasningrum

King Of Mountain
1. Zainal Fanani

Queen Of Mountain
1. Shaita Mutiara