Gowesku

Komunitas Sepedaku

Perayaan ke-5 tahun WCC Nusantara

Lima tahun suatu komunitas berdiri dapat dikatakan termasuk pencapaian yang sangat baik. Apalagi ditandai dengan bertambahnya jumlah anggota dan bertambah luasnya komunitas tersebut berada.

Women’s Cycling Community atau yang selalu disebut sebagai WCC (baca: we ce ce) adalah komunitas pesepeda yang semua anggotanya adalah perempuan. Merupakan komunitas perempuan yang memiliki hobi bersepeda paling awal di Jakarta sejak 2014 dan di seluruh Indonesia sejak 2015.

Komunitas WCC ini awalnya dibentuk dari pencinta olahraga Triathlon yaitu olahraga yang menggabungkan tiga macam cabang olahraga dalam satu kesempatan: renang, sepeda balap dan lari. Diinisiasi oleh Tabby Sumendap, founder WCC bersama dua belas teman triathlon-nya merasakan kurangnya kesempatan perempuan untuk berlatih bersepeda sesama perempuan.

Sekarang ini, WCC sudah beranggotakan lebih dari 1.000 orang di seluruh Indonesia dan di 26 kota provinsi dan kabupaten di Indonesia. Dalam beberapa waktu lagi juga akan menambah perwakilan regionalnya di Bogor dan Medan.

Iron Woman, Srikandi WCC Gowes 1.000 km demi Pulihnya Bali

WCC akhirnya berkembang tidak saja menjadi wadah komunitas pesepeda perempuan, tetapi juga memiliki misi mulia untuk memberdayakan perempuan melalui kegiatan bersepeda.

Salah satu kegiatan besar WCC Nusantara akan kepeduliannya bagi masyarakat dan negara adalah 1000K for Bali Pulih yang dimotori oleh leader WCC Bali sekaligus Head Event WCC Nusantara, Trilara Prasetya Rina. Gowes sejauh 1.282KM dari Jakarta ke Bali untuk menyampaikan kampanye bahwa Bali siap membuka pintu pariwisata dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

“Tahun depan kami merencanakan hal serupa tetapi di pulau Sulawesi, semoga tidak ada halangan dan dapat terealisasi,” Tambah Lara

“Suka duka selama komunitas ini eksis, dilalui dengan semangat satu hati melalui kebersamaan dan empowering women. WCC adalah role model bagi komunitas pesepeda perempuan lainnya, dan diharapkan dapat terus menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat ”, demikian yang Tabby sampaikan.

Mengambil tema “Stronger Together” peringatan ke-5 tahun ini dirayakan pada tanggal 20 Desember 2020 bertempat di Terra, Flavor Bliss dengan sederhana namun penuh makna.

Dalam perayaannya tahun ini, WCC Nusantara melakukan gowes bersama seluruh WCC Nusantara diikuti 26 regional WCC secara virtual.

Seluruh regional menampilkan gowes bersama mereka dalam kelompok kecil dan menayangkannya di Instagram regional masing-masing.

Hujan pun tidak menghalangi gowes bersama serentak merayakan ulang tahun WCC Nusantara ke-5. Sementara seremonial gowes dilakukan di Jakarta sebagai WCC headquarters sejauh 55KM sebagai penanda pencapaian lima tahunnya.

Peserta dibatasi tidak lebih dari 25 orang dengan penetapan protokol kesehatan Covid-19 dan pemeriksaan rapid test mandiri sebelum bersepeda.

Kegiatan lainnya adalah menyelenggarakan WCC Team Ride Challenge & Charity bagi seluruh anggota WCC Nusantara beranggotakan 3-5 orang untuk berlomba mencapai jarak terjauh dalam periode 16-23 Desember 2020.

Tercatat per hari ini team WCC Bali memimpin pencapaian jarak lebih dari 400KM dalam 4 hari diikuti team dari WCC Jakarta dan WCC Surabaya. Team photo contest juga diadakan dengan mengusung tema Stronger Together yang nantinya akan dipilih yang terbaik dari seluruh regional.

Dalam perayaan inipun WCC Nusantara juga menyelenggarakan Individual Ride & Charity yang dapat diikuti oleh anggota non WCC khusus perempuan . Kegiatan berbagi kasih dilakukan untuk mengingat para teman perempuan pekerja keras atau pekerja harian.

“Kami turut merasakan keprihatinan akan kondisi saat ini, banyak yang harus bekerja lebih keras di masa pandemi Covid-19 ini. Perempuan juga menjadi tiang dan tulang punggung keluarga di masyarakat kita dan kami berharap tali kasih ini dapat memberikan extra semangat bagi teman-teman sesama perempuan.” Imbuh Viyata Devi, Marketing & Communications (Marcomm) WCC Nusantara yang juga Leader WCC Jakarta.

Kedepannya kegiatan positif sudah terencana untuk tetap menjaga eksistensi komunitas dan dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar seperti tagline event kali ini yaitu Stronger Together

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: