Gowesku

Gowesku, Komunitas Sepedaku

Jakarta Urban GRVL 2024: Jelajahi Sejarah dan Alam Jakarta

Gowesku.com – GX-ID kembali menggelar event sepeda jenis gravel. Uniknya event kali ini diadakan di wilayah pemukiman warga Kota Jakarta.

Event Jakarta Urban GRVL 2024 akan diadakan pada Minggu 30 Juni 2024. Di event ini para peserta akan melintasi berbagai situs bersejarah kota Jakarta.

Founder GX-ID Budi Yakin menjelaskan peserta akan menjelajahi jalur sekitar Jakarta yang jarang ditempuh. Rute ini mencakup berbagai area, mulai dari perkotaan hingga perkampungan, perairan, situs bersejarah dan pemandangan alam yang menarik.

Beberapa rute ikonik yang akan dilalui antara lain:

1. Kawasan Heritage
Peserta akan melintasi dan mengunjungi  situs bersejarah yang terlupakan, jalan-jalan berbatu, museum pribadi,  tempat ibadah dan Tugu Peringatan yang jarang dikunjungi. Pemandangan klasik dan nuansa masa lalu akan menyertai mereka sepanjang perjalanan.

2. Jakarta Drain Road
Sebagian kota Jakarta ternyata berada dibawah permukaan laut. Rute ini mengajak peserta menyusuri jalur perairan sepanjang kota  dengan pemandangan yang unik bahkan sampai menembus Pantai Jakarta. Udara segar berhembus sepanjang lorong angin, akan menemani peserta saat melewati area perairan ini.

3. Hutan Mangrove
Melalui hutan bakau di sekitar Teluk Jakarta, peserta akan menikmati keindahan alam yang unik. Suara burung dan hijaunya pepohonan bakau akan menjadi sahabat sepanjang perjalanan.

4. Jembatan Tersembunyi
Rute ini memungkinkan peserta melewati jembatan yang jarang dilintasi Pesepeda. Salah satunya adalah jembatan terpanjang di Jakarta, kurang lebih 2 km, yang jarang dikenal orang. Sensasi melintas di atas air dan menikmati pemandangan kota, gedung tinggi akan menjadi momen tak terlupakan.

5. Berlayar dengan Kapal Titanic Lokal
Ya, Anda tidak salah baca! Acara ini juga menawarkan Hutan Mangrove. Melalui hutan bakau di sekitar Teluk Jakarta, peserta akan menikmati keindahan alam yang unik. Suara burung dan hijaunya pepohonan bakau akan menjadi sahabat sepanjang perjalanan.

6. Checkpoint  dan Musik Keroncong
Meskipun acara ini Unsupported, panitia menyediakan refreshment di START & FINISH, serta kudapan di salah satu Checkpoint yang bersejarah. Peserta bisa beristirahat sejenak sambil bercengkerama dengan Peserta lain sambil  menikmati musik
Keroncong Warisan Budaya Betawi yang disiapkan di sana.

Event ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Para pesepeda akan mulai start pada pukul 06.00 WIB dari kawasan Thamrin 10 Jakarta Pusat.

“Event ini juga diadakan untuk memperingati HUT 497 tahun Kota Jakarta,” pungkas Budi Yakin. **

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan