29/03/2024

Banyak orang yang sadar akan pentingnya gaya hidup sehat selama pandemi. Tak sedikit orang yang memilih bersepeda untuk mendukung gerak aktif atau olahraga.

Mengutip Visit Singapore, bersepeda memiliki manfaat untuk fisik seperti membentuk otot tubuh, mengurangi berat badan, baik untuk kesehatan jantung dan paru, mencegah kanker, dan memperkuat imun tubuh.

Iron Woman, Srikandi WCC Gowes 1.000 km demi Pulihnya Bali

Bersepeda juga jauh dari kerumunan dan dilakukan di luar ruangan, sehingga membuat olahraga ini relatif aman dari penyebaran virus COVID-19.

Hobi bersepeda ini menjadi tren di Indonesia, tak terkecuali di Singapura. Dikutip dari Channel News
Asia, jumlah pesepeda di Singapura naik 68 persen pada Januari 2021.

Pada akhirnya, bersepeda bukan hanya olahraga semata, melainkan juga bagian dari gaya hidup. Bagi Anda yang menekuni hobi sepeda, Singapura dapat menjadi pilihan destinasi selanjutnya.

Singapura menawarkan pengalaman baru bersepeda dan tak terbayangkan sebelumnya, karena Anda dapat menjelajah satu negara dengan sepeda bersama peleton (rombongan road bike) Anda!

Bersepeda keliling pulau saat ini menjadi tren di kalangan pesepeda Singapura dengan rute sepeda sepanjang 150 kilometer bernama The Round Island Route (RIR).

Rute ini juga terhubung dengan Park Connector Network, koridor hijau sepanjang 300 kilometer yang menghubungkan taman dan area alami di Singapura.

Setiap taman memiliki situs budaya, sejarah, alam, dan rekreasi. Bersepeda, jogging, atau marathon, jadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan rute dan jalur yang sudah tersedia.

Land Transport Authority Singapura juga membangun jalur sepeda sepanjang 240 kilometer. Jalur ini akan terus diperpanjang dengan perkiraan mencapai 1.300 kilometer pada 2030.

Selain itu Singapura juga fokus akan kenyamanan dan keamanan pesepeda, dengan memberikan papan penanda dan tempat parkir khusus sepeda di tempat umum.

Kalau Mau Gowes Asik, Harus Ada Moda Terintegrasi

Nikmati pengalaman berbeda, bersepeda berkeliling lanskap yang unik dari kota, hutan, waduk, sampai tepi pantai. Mari bersepeda di Singapura ketika nanti perjalanan ke negera Singa kembali dibuka.

Rute sepeda terindah di Singapura

  • Rower’s Bay Park

Anda bisa bersepeda bersama teman dan keluarga dengan pilihan rute sepeda dan panorama yang beragam di Singapura. Tempat-tempat berikut menyediakan jalur sepeda, lengkap dengan atraksi yang ada di sekitarnya.

Rower’s Bay Park Dok. The Smart Local-Natalie Ng

Anda dapat bersepeda di Rower’s Bay Park yang memiliki jalur sepanjang 150 kilometer yang menghubungkan Yishun dan Punggol.

Daya tarik dari jalur sepeda ini adalah Seletar Reservoir (waduk), dengan menara paviliun, terasering, dan rawa.

Kawasan Seletar Aerospace Park juga menyediakan tempat istirahat, toilet, pengisian daya listrik, dan mesin penjual otomatis yang menjual peralatan sepeda.

Di sini juga terdapat stasiun perbaikan sepeda swadaya (self help), apabila Anda ingin memperbaiki atau mengatur kenyamanan sepeda.

Tak ada salahnya untuk istirahat sejenak bersama teman di pinggir waduk, sambil berfoto di jembatan kayu dengan pemandangan menakjubkan.

  • Distrik Punggol

Keluar dari jalur Rower’s Bay Park, Anda dapat menemukan jalur sepeda perkotaan dan taman di Distrik Punggol.

Distrik ini terkenal sebagai salah satu distrik yang disukai pesepeda karena memiliki lanskap yang beragam dari perkotaan, tepi sungai, taman ilalang, dan laut.

Rute sepeda yang direkomendasikan dimulai Punggol Park, Punggol Container Park, Lorong Halus Wetlands, Punggol Promenade Nature Walk, dan berakhir di Waterway Point.

  • Eastern Coastal Loop

Rute Eastern Coastal Loop bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen bersepeda di Singapura.

Sepanjang rute ini Anda akan menemukan pemandangan bangunan ikonik Singapura seperti Supertree Grove dari Gardens by the Bay, Gedung Marina Bay Sands, Roda Oberservasi Singapore Flyer, Gedung Teater Esplanade, dan Patung Merlion.

The Southern Ridges Dok. National Parks Board

Rute pesepeda yang direkomendasikan pada jalur ini mulai dari East Coast Park, Changi Village Hawker Centre, Marina Barrage, dan Gardens by the Bay.

  • Southern Ridges Loop

Jalur sepeda ini sangat cocok bagi Anda yang suka alam, pegunungan hijau, dan suasana sepi yang agak jauh dari perkotaan.

Southern Ridges Loop merupakan rute yang membuat Anda untuk mengolah fisik dan menyegarkan pikiran dengan pemandangan dan nuansanya alamnya yang syahdu.

Mulailah perjalanan bersepeda Anda dari Kent Ridge Park, lanjutkan ke Alexandra Arch & Forest Walk, Henderson Waves, Arbora Hilltop Garden & Bistro, dan berakhir di Singapore Cable Car. Demi pengalaman terbaik, sebaiknya bersepeda saat pagi hari di jalur Southern Ridges Loop.

Rute bersepeda malam yang seru

Bersepeda saat malam hari tak kalah seru dengan bersepeda saat pagi atau sore hari. Anda dapat melihat kelap-kelip lampu Gedung dan jalan perkotaan yang cantik.

Jangan khawatir akan keamanan Anda meskipun bersepeda saat malam hari, karena rute sepeda berikut memang terkenal akan rute sepeda malam.

Rute sepeda ini dilengkapi berbagai infrastruktur untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pesepeda. Namun tentunya, jangan lupa nyalakan lampu sepeda Anda.

  • Eastern Coastal Loop

Mulailah melaju sepeda Anda dari sore, karena daya tarik utama dari jalur sepeda di Eastern Coastal Loop adalah melihat matahari tenggelam di Pantai Pasir Ris.

Bonus lain dari rute sepeda ini adalah melihat landasan pacu Bandara Changi yang tepat berada di sebelah jalur sepeda Anda!

Jalur sepeda ini terdapat di Coastal Park Connector. Anda juga dapat melihat pemandangan air yang tenang dari Bedok Reservoir di jalur ini.

  • Distrik Civic

Bagi Anda pesepeda yang juga pencinta arsitektur dan sejarah, jangan lewatkan rute Distrik Civic. Distrik ini punya banyak bangunan bersejarah yang tampak semakin indah dan megah saat malam tiba, ketika lampu gedung yang dinyalakan.

Perjalanan Anda dapat dimulai dari Monumen City Hall dan Cavenagh Bridge, menuju berbagai gedung seperti National Museum Singapore, Chjimes, Supreme Court, Victoria Theatre & Victoria Concert Hall.

 

CHIJMES malam hari Dok. Wikimedia-William Cho
  • Raffles Marina Lighthouse

Jalur sepeda ini cocok bagi Anda yang bersepeda dengan pasangan, karena Anda akan menemukan suasana romantis dengan pemandangan langit senja, lampu pelabuhan, dan mercusuar.

CHIJMES malam hari Dok. Wikimedia-William Cho

Mulailah perjalanan Anda dari West Coast Park dan menelusuri jalur sepeda menuju Raffles Marina Lighthouse, mercusuar dengan tinggi 12 meter.