25/04/2024

Yang diimpikan pesepeda di Jakarta akhirnya terwujud. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin. Hal ini sebagai respons meningkatnya jumlah pesepeda di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyampaikan, pembangunan jalur sepeda permanen ini merupakan bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda.

Jakarta Kota yang Sudah Ramah buat Pesepeda?

“Pembangunan jalur sepeda permanen ini bertujuan, antara lain menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit, memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan,” ujar Syafrin, Jumat (5/2), seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Syafrin menjelaskan, pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin akan dilakukan dalam periode Februari-Maret 2021, dengan panjang jalur 11,2 kilometer dan lebar jalur sepeda terproteksi sebesar 2 meter.

Cihuy! Ada Tempat Nongkrong Keren Buat Pesepeda di Selatan Jakarta

Untuk proteksi jalur sepeda, kami menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait,” terangnya.

Fasilitas di Jalur Sepeda Permanen

Jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda, diantaranya wayfinding, pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.

Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, dilakukan pula pembangunan prasasti sebagai bicyle artwork berisi ornamen yang menjadi landmark Jakarta dan Sepeda, terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki.

Jalur sepeda permanen ini akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain 9 halte bus Transjakarta, 6 stasiun MRT Jakarta, 1 stasiun Kereta Commuter Line, 1 stasiun Kereta Bandara (Railink) dan 1 stasiun LRT Jabodebek.

Jalur Khusus Sepeda di Jakarta yang Diketawain Pesepeda

“Kami mohon partisipasi dan dukungan seluruh stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta beserta masyarakat di Jakarta agar turut mengampanyekan program Jakarta Ramah Bersepeda dengan menyukseskan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin,” tandasnya.