25/04/2024

Ada kalanya kita harus melepas dan memasang roda sepeda, entah itu untuk loading sepeda ke mobil atau tas sepeda atau hanya untuk perawatan.

Yuk simak cara melepas dan memasang roda sepeda dengan mengutip dari Specialized:

1. Baliklah sepeda gunung Anda sehingga kedua roda di atas.

Buat para goweser yang ingin menghindari lecet pada bagian sadel dan grips, jangan lupa untuk selalu menggunakan alas yang tidak terlalu keras ataupun empuk. Kita bisa menggunakan matras yang tebalnya sekitar 5 mm.

Jika ingin membalikkan sepeda, cara yang benar adalah goweser berdiri di sebelah/samping sepeda, kemudian satu tangan memegang bagian suspensi depan/down tube, dan satu tangan lain memegang bagian seat (dudukan sadel). Setelah itu kita putar sepeda gunung secara perlahan hingga kedua roda pun berada di atas.

Tips Membeli Sepeda yang Cocok

2. Melepas roda depan dan belakang

Selanjutnya agar dapat melepas roda sepeda bagian depan dan belakang, kita harus buka pengencang as roda depan dengan membuka klip pengunci (jika ada).

Tapi kalau sepeda tidak menggunakan klip, Anda harus memakai kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut pengunci as roda depan. Setelah itu agar dapat melepas roda sepeda bagian belakang, kita dapat mulai dari melepas pengencang as roda belakang, tarik ke belakang sistem pemindah gigi rear derailleur (RD) secukupnya. Dengan hal ini, roda belakang bisa ditarik ke atas dan terlepas.

 

 

3. Memasang roda sepeda

Goweser dapat memasang kembali roda sepeda gunung Anda. Ketika mau memasang roda sepeda, selalu perhatikan dengan teliti klip pengencang roda. Apakah klip pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan benar atau belum.

Hal ini perlu dilakukan agar performa sepeda bisa maksimal.

Selanjutnya untuk pemasangan roda sepeda bagian belakang, kita harus lakukan dengan berhati-hati saat hendak memasukkan gear belakang di antara mata rantai. Setelah itu, goweser tekan ke bawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan baik.

 

Sumber: